Hebat Polisi Tidur ini Bisa Menghasilkan Listrik, Seperti ini Cara Kerjanya


begini-cara-kerja-polisi-tidur-penghasil-listrik-temuan-mahasiswa-ub

Palingseru.com – Mungkin selama ini polisi tidur atau yang merupakan gundukan jalan penghalang yang dipasang ditengah jalan itu punya manfaat untuk mencegah pemuda naik motor kebut – kebutan.

Namun ternyata , polisi tidur yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Brawijaya kini punya manfaat lebih luarbiasa yakni bisa dijadikan sebagai sumber energi listrik.

Gundukan yang diberi nama Potret atau Polisi Tidur Penghasil Energi Terbarukan ini menjadi salah satu inovatif terbaru.

Hasan Albinsaid, mahasiswa Universitas Brawijaya salah satu anggota tim penemu Potret menceritakan kinerja polisi tidur yang menghasilkan arus listrik ini.

Baca juga : 5 Penemuan Fenomenal Thomas Alva Edison

Dalam sistem pegas , nantinya jika ada kendaraan yang melintas maka pegas akan menurun dengan sistem yang elastis yang pada akhirnya bisa menghasilkan gaya linear untuk menjadi sumber listri.

“Setelah pegas menurun maka polisi tidur akan tertarik linear karena di dalam boks terdapat berbagai gear dan rantai. Sehingga bisa menciptakan putaran dan jika dihubungkan ke generator akan menghasilkan listrik,” kata Hasan.

Sementara itu, gundukan polisi tidur ini juga nantinya akan diberi generator yang akan terhubung dengan aki sebagai tempat penyimpanan energi.

Selanjutnya , energi yang tersimpan dapat digunakan untuk segala kebutuhan salah satunya penerangan jalan.

Menurut keterangan Hasan, dalam sekali hentakan sepeda motor di polisi tidur bisa menghasilkan 10-15 volt. Jika sehari 1.000 kendaraan dengan berat rata-rata 1.000-2.000 kilogram, gear akan memutar generator dengan kecepatan putar 1.000-1.250 rpm.

“Sistem tersebut dapat dimanfaatkan menyalakan empat lampu masing-masing 40 watt selama 10 jam sehari,” kata Hasan.

Selain menjadi inovasi terbaru , penemuan ini juga bisa lebih hemat karena biaya pembuatan cukup murah . Untuk proses pembersihan cukup dibongkar dengan disapu atau diberi oli.

Tak hanya itu saja, polisi tidur atau potret ini mudah dibawa kemanapun dan tidak terpengaruh cuaca. Alat tersebut dapat dipasang di pintu masuk jalan tol atau tempat umum yang menggunakan sistem portal.

Dan salah satu tim yang berhasil menciptakan energi potret ini diantaranya Dony Darmawan Putra, Ridho Darmawan dan Anthony Wijaya yang merupakan mahasiswa semester 4 Universitas Brawijaya.

Keempat mahasiswa ini juga dibantu dengan bimbingan dari dosen Eka Maulana. Proses menciptakan Potret sejak 2014 hingga 2016.

Hebat ya…

Lihat juga : Penemuan Kota Misteri Berusia 5000 Tahun ini Bisa Bikin Kamu Kaget

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Aneh Unik