5 Sampai 10 Tahun Lagi Pisang Bakal Jadi Makanan Langka di Dunia. Kamu Mau Tahu Penyebabnya ?


006337300_1456662355-pisang

Palingseru.com – Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, buah pisang juga  mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, siapa sangka jika buah pisang nantinya akan menjadi buah yang punah sekitar 5 hingga 10 tahun mendatang.

Kamu mau tau apa penyebabnya ? Ternyata senyawa penyakit yang berkembang dengan cepat, yang dikenal sebagai Sigatoka complex lah yang bisa menjadi ancaman mematikan untuk pasokan pisang dunia.

Sigatoka complex sendiri terdiri atas tiga penyakit jamur, yaitu yellow Sigatoka (Pseudocercospora musae), bercak daun eumusae (Pseudocercospora eumusae), dan black Sigatoka(Pseudocercospora figiensis).

Baca juga : Pohon Pisang ini Bikin Warga Inggris Heboh, Ternyata ini Penyebabnya

Saat ini diketahui jika Sigatoka Complex telah mengurangi produksi pisang sebanyak 40 persen. Dan black Sigatoka menjadi resiko terbesar untuk 100 juta ton pisang yang ditanam pertahun di 120 negara.

Jamur ini melakukan penyerangan dengan cara mematikan sistem kekebalan pohon pisang, lalu metabolisme jamur juga akan beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan inangnya.

Jamur tersebut akan memproduksi enzim untuk memecahkan dinding sel tanaman untuk mendapatkan makanan berupa gula dan karbohidrat lainnya.

“Kami telah menunjukkan bahwa dua atau 3 jamur penyakit serius telah menjelma menjadi lebih ganas dengan meningkatkan kemampuan mereka untuk  memanipulasi metabolisme pisah dan menggunakan nutrisinya,” kata Stergiopoulos, dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal online PLOS Genetics, seperti dilansir Liputan6.com

Untuk mencegah  industri pisang global berakhir dalam dekade mendatang, petani harus mengaplikasikan 50 fungisida untuk setiap pohon pisang yang mereka tanam setiap tahunnya.

“Antara 30-35 persen biaya produksi pisang digunakan untuk aplikasi fungisida,” kata dia. “Karena banyak petani tak mampu menyediakan fungisida, mereka menumbuhkan pisang dengan kualitas lebih rendah, yang bernilai jual lebih rendah.”

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Aneh Unik