23 May 1568 – Belanda Merdeka dari Spanyol


Pertempuran Nieuwpoort (1600)

Belanda  adalah sebuah negara di Eropa bagian barat laut. Di sebelah timur negara ini berbatasan dengan Jerman, di sebelah selatan dengan Belgia dan di sebelah barat dengan Laut Utara.

Kemerdekan belanda dari sepanyol di awali dari Perang Delapan Puluh Tahun atau Pemberontakan Belanda (1566 – 1648), adalah pemberontakan Tujuhbelas Provinsi di Belanda terhadap raja Spanyol. Awalnya Spanyol berhasil meredam pemberontakan ini, tapi pada tahun 1572, pihak pemberontak berhasil menguasai Brielle, dan pemberontakan kembali merebak. Provinsi-provinsi utara bergabung, awalnya secara de facto dan resmi pada tahun 1648, menjadi Republik Belanda, yang secara cepat berkembang menjadi kekuatan dunia melalui kapal-kapal dagangnya serta mengalami periode pertumbuhan ekonomi, ilmu, serta budaya.

Belanda Selatan (kini Belgia, Luxembourg, dan Perancis Utara) awalnya tetap berada di bawah kekuasaan Spanyol. Penindasan terus-menerus oleh Spanyol di wilayah selatan akhirnya mengakibatkan larinya kaum elit keuangan, intelektual, dan budayawan ke wilayah utara, yang turut menyumbangkan suksesnya Republik Belanda. Pada 1648, sejumlah besar wilayah selatan jatuh ke tangan Perancis.

baca juga:  Video, Ada Kapal ‘Bahtera Nuh’ Berlayar di Belanda

Di Belanda Ada Sekolah Untuk Jadi PSK

More From: Hari Ini