Jangan Paksakan Anak Kamu Makan Sayur Ini Akibatnya


   

index

Palingseru.com – Kasus anak balita yang tidak suka mengkonsumsi sayur memang sudah menjadi hal yang biasa. Banyak orang mengatakan anak yang tidak suka makan sayur maka pertumbuhannya menjadi tidak sehat sehingga si ibu terus mencari cara untuk membujuk anaknya untuk mau makan sayur.

Namun tahukah kamu , kebiasaan ibu untuk memaksa anaknya makan sayur ini malah bisa berakibat buruk.

Salah satu dampak buruk ketika si ibu terus – terusan memaksa anak mengkonsumsi sayur yakni berdampak buruk pada psikologi anak.

Baca juga : Ternyata Buah Dan Sayur Bisa Bikin Pria Susah Dapat Anak, Kamu Mau Tahu Kenapa

Salah satu Psikolog Anak dan Keluarga bernama Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si menuturkan jika paksaan ibu agar anaknya mau makan sayur ini salah satu hal yang tidak baik. Dampak akan terlihat pada tumbuh kembang anak yang cenderung bermasalah. Karena tubuhnya tidak mendapat kebutuhan nutrisi dari sayur dan buah yang padahal sangat penting untuk pertumbuhannya.

“Ada dua dampaknya yaitu jangka pendek dalam waktu dekat atau jangka panjang yang terlihat nanti ketika anak dewasa. Pada jangka pendek, pastinya anak jadi semakin menghindari sayur dan buah karena trauma dengan cara pemberian makanan tersebut oleh orangtuanya. Contoh saja dia tidak mencapai tinggi dan berat badan yang ideal. Kemudian fungsi dari tiap organ di tubuh misalnya hati atau fungsi metabolisme tubuhnya juga tidak bisa maksimal,” ucap Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si, seperti yang dilansir dari Viva.co.id (5/9).

Untuk itu, para ibu diharuskan bersabar ketika menyuruh anaknya makan sayur. Jangan dengan paksaan. Buatlah banyak cara untuk mancing daya tarik anak mau makan sayur.

Kebutuhan sayur pada dasarnya sangat penting untuk nutrisi anak dalam mendukung proses tumbuh kembang anak yang optimal.

Lihat juga : Inilah Penyebab Kenapa Anak Tidak Suka Makan Sayur

More From: Sehat