Jadi Rebutan Banyak Negara, Ternyata ini 5 Keistimewaan dari Laut China Selatan


   

750xauto-5-keistimewaan-ini-bikin-laut-china-selatan-jadi-rebutan-banyak-negara-160721n

Palingseru.com – Selama beberapa tahun terakhir ini , Laut China Selatan menjadi salah satu perairan yang menimbulkan banyak konflik. Bahkan ,isu perebutan wilayah di Laut China Selatan (LCS) semakin memanas.

Menurut sejumlah laporan , isu perebutan wilayah Laut China Selatan berawal sejak tahun 1970-an, dimana China dan Vietnam terlibat konflik perebutan wilayah Kepulauan Spratly dan Paracels.

Hingga pada akhirnya , isu perebutan LCS itu semakin menjadi – jadi setelah negara  Filipina, Malaysia bahkan Brunei merasa terancam dengan perebutan wilayah tersebut.

Baca juga : Ternyata Amerika Takut Perang dengan China di Laut China Selatan, Ini Alasannya

Dan kini banyak sekali orang bertanya apa sih keistimewaan laut China Selatan sampai menjadi wilayah yang terus – menerus diperebutkan ?

Seperti yang dilansir dari Brilio.net, inilah dia keistimewaan dari Laut China Selatan yang perlu untuk kamu ketahui.

1. Laut China Selatan merupakan lalu lintas perdagangan internasional. Setiap tahunnya, diperkirakan nilainya ribuan triliun rupiah.

LCS Rebut

2. Kaya akan cadangan minyak bumi dan gas alam. Menurut analisis Pemerintah Amerika Serikat disana setidaknya ada cadangan 11 Miliar barel minyak bumi dan 190 triliun kaki kubik gas alam.

LCS Rebut

3. 90% lalu lintas pengangkutan minyak bumi dari Timur Tengah ke Asia hingga 2035 diperkirakan melewati LCS. Seperti diketahui minyak bumi punya nilai yang wow dan fungsi yang luar biasa untuk menyuplai energi suatu negara.

LCS Rebut

4. Tempatnya sangat strategis karena berada di sekitar banyak negara. Menguasai LCS bisa berarti mengisolasi wilayah sekitar negara lain, secara militer.

LCS Rebut

5. Selain kaya minyak dan gas, di LCS terutama di Kepulauan Natuna yang merupakan milik Indonesia juga kaya akan sumber daya ikan.

LCS Rebut

Lihat juga : 5 Kekuatan Militer China di Laut China Selatan Yang Siap untuk Rebut Natuna dari indonesia

More From: Menarik