Ini Dia 5 Agama Populer yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui


   

Agama_Populer_yang_Mungkin_Tak_Pernah_Kita_Denga (1)

palingseru.com – Agama adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tananan atau perintah dari kehidupan. Mungkin selama ini kita hanya mengetahui beberapa agama yang resmi saja, tapi jika ditelusuri lebih luas ternyata ada beberapa agama yang sedang populer di dunia.

Dan pengikutnya juga terbilang banyak. Berikut 5 agama populer yang mungkin tidak pernah kita dengar dan ketahui, dilansir dari VIVA.co.id, Senin (5/9/2016):

1.Jainisme

Jainisme adalah suatu keyakinan yang dianut oleh masyarakat India. Keyakinan ini pertama kali muncul sekitar 2500 tahun yang lalu. Di agama ini, ada tiga prinsip utama yang ditekankan, yaitu non kekarasan, non absolutisme, dan non posesif.

Uniknya, prinsip non-kekerasan yang diterapkan itu tidak hanya berlaku pada manusia, tetapi juga pada tumbuhan. Sampai saat ini, agama ini masih eksis dan pengikutnya pun semakin bertambah. Diketahui, saat ini Jainisme telah diikuti oleh empat juta orang.

2.Aladura

Dalam bahasa Afrika, Aladura memiliki arti “orang berdoa”. Pengikut keyakinan ini mempunyai ritual berdoa bersama-sama untuk menyembuhkan penyakit. Hal ini terkait dengan asal-usul penyakit yang pernah menyerang warga Afrika tahun 1918 silam. Untuk menyembuhkan penyakit epidemi influenza, warga Afrika pun melakukan ritual doa yang dipimpin oleh seseorang yang memakai jubah warna kuning dan tongkat.

3.Caodaism

Caodaism muncul pertama kali di Vietnam tahun 1926. Agama ini sendiri menggabungkan berbagai ajaran, diantaranya adalah Konfusianisme, Taoisme, Buddhisme, dan Katolik. Untuk menyebut Tuhan, mereka memiliki namanya sendiri, yakni  “Cao Dai Tiên Ong Dại Bo Tat Ma Ha tat”  yang kira-kira artinya Yang mahakuat dan maha hidup.

4.Unification Church

Meski terbilang belum lama, tapi pengikut Unification Church ini sudah cukup banyak. Saat ini, sekitar tiga juta pengikut yang tersebar di luar Korea Selatan, Jepang dan Filipina. Mereka memuja Sun Myung Moon. Moon meninggal pada bulan September 2012, dan gereja sekarang dipimpin oleh Hak Ja Han.

5.Falun Gong

Terakhir, agama Falun Gong yang dianuti oleh warga China. Ajaran ini pertama kali didirikan oleh Li Hongzhi pada tahun 1992. Sama dengan Caodaism, Falun Gong juga menggabungkan beberapa ajaran. Hanya saja agama ini tidak banyak menekankan para pengikutnya, mereka hanya diwajibkan untuk melakukan latihan khusus seperti meditasi.

More From: Taukah Kamu