Ini 6 Kesederhanaan Presiden Uruguay, Yang Perlu Kamu Tiru. Presiden Termiskin yang Gak Lupa Sedekah


089168700_1448251384-Jose-Mujica-014 (1)

palingseru.com – Pernahkah Anda membayangkan kehidupan para presiden di dunia? Pasti yang terlintas dalam pikiran kita kehidupan presiden diwarnai dengan kemewahan. Tinggal di sebuah istana dengan para pelayan yang cantik serta kendaraan yang super mewah.

Tapi anggapan itu sepertinya cukup meleset. Ternyata tak semua presiden hidup serba kemewahan. Seperti mantan presiden Uruguay, Jose Mujica. Presiden yang akrab disapa Pepe ini hidupnya sangat sederhana. Bahkan ia dijuluki sebagai presiden paling sederhana di dunia.

Berikut 6 kesederhanaan Pepe yang patut diacungkan jempol, dilansir Bintang.com, Jumat (9/9/2016).

1.Hidup di sebuah area pertanian

Berbeda dengan presiden di negara-negara lain yang tinggal di sebuah istana, Pepe justru memilih tinggal di sebuah rumah sederhana yang berada di area pertanian di ibu kota Montevideo. Tak ada barang mewah di dalam rumah tersebut. Hanya ada dua polisi yang menjaga keamanan.

2.Hidup sangat sederhana, Pepe tak merasa miskin

Hidup dengan kesederhanaan, membuat Pepe dijuluki sebagai presiden termiskin di dunia. Meski begitu, Pepe mengaku dalam sebuah wawancara yang dilakukan BBC, tahun 2012, bahwa dirinya tidak merasa miskin.

“Saya dipanggil Presiden Termiskin di Dunia, tapi saya tidak merasa miskin. Orang yang miskin adalah mereka yang hanya bekerja untuk mendapatkan kemewahan dan selalu ingin lebih,” katanya seperti dilansir Independent.co.uk.

3.Hanya memiliki sebuah mobil tua

Mantan presiden yang dilantik tahun 2010 ini hanya memiliki sebuah mobil tua VW Beetle 1987. Mobil berwarna biru ini selalu menemani langkah Pepe dan bahkan kendaraan tua ini menjadi benda kesayangannya. Padahal, kala itu ia pernah ditawari sebuah mobil megah seharga $1 miliar oleh seorang Sheikh Arab. Namun, dengan sopan, tawaran itu ditolaknya. Baginya, memiliki sebuah mobil mewah dan mahal adalah tidak penting.

4.Pernah memberikan tumpangan kepada seorang pejalan kaki

Fakta yang berikut ini mungkin akan mengejutkan kamu. Ya, bagaimana pula seorang presiden mau menumpangkan mobilnya pada seorang pejalan kaki. Tapi inilah sosok Pepe yang patut ditiru oleh presiden negara lainnya.

Saat itu, Pepe hendak pergi namun di perjalanan ia bertemu dengan seorang pejalan kaki bernama Gerhald Acosta. Betapa terkejutnya Acosta, ternyata mobil VW tua berwarna biru yang memberikannya tumpangan adalah kepala negara. Ia duduk tepat disebelah ibu negara.

5.Sosok ‘Pahlawan’ bagi rakyat

Semenjak terpilih menjadi presiden, kehidupan rakyat Uruguay berubah cukup drastis. Sifat pemimpinnya yang penuh tanggungjawab itu membuat perekonomian rakyat Uruguay stabil dan bahkan meningkat. Banyak rakyat miskin yang membangun usaha kecil dari sumbangannya. Itulah kenapa Pepe disebut sebagai ‘pahlawan’.

6.Menyumbangkan 90% kekayaannya untuk rakyat

Ini adalah sebuah tindakan yang patut ditiru oleh presiden di seluruh dunia. Menjadi seorang pemimpin negara, tentunya mendapatkan pendapatan yang tidak sedikit. Namun, hal itu tak membuat Pepe berpoya-poya untuk membeli rumah mewah ataupun mengoleksi barang mewah. Ia justru menyumbangkan hampir semua gaji yang ia dapat selama menjadi pejabat negara.

More From: Menarik