Uniknya Danau Retba yang Memiliki Warna Merah Muda


Danau yang berwarna merah muda
Danau Retba memiliki air yang berwaran merah muda sunguh danau yang unik dan  tidak biasa, pada umumnya danau memiliki air yang bening namun danau ini memiliki warna merah muda.

Danau Retba terletak di Senegal, danau yang memiliki warana merah muda ini bukan tampa sebap, danau Retba berwaran merah muda akibat banyaknya bakteri dan kandungan garam yang berada di dalam danau tersebut.

Sama seperti laut mati danau Retba juga memiliki kadar garam yang tinggi yang mengakibatkan siapa saja yang berenag di sana akan mengapung diatas permukan danau.

Seorang profesor Biokimia dari Bath University Michael Danson mengungkapkan apa yang menyebaokan danai Retba memiliki warna ungu ternyata  didalam danau tersebut terdapat banyak bakteri yang menyukai garam, yakni Dunaliella salina.

“Bakteri-bakteri itu menghasilkan pigmen merah yang menyerap dan menggunakan energi sinar matahari untuk menciptakan energi yang lebih untuk mengubah air menjadi merah muda,” ujar Danson, seperti dikutip Mirror, Rabu (6/6/2012).

Danau yang memiliki kadar garam tingi bukan merupakan tempat yang baik untuk berkembangnya mahluk hidup.

baca juga: 10 Danau Gunung Berapi Paling Indah di Dunia

  10 Danau Paling Ekstrim dan Aneh di Dunia

More From: Unik