Pada Hari Ini Tahun 1950, Ada Misteri Besar Terjadi. Matahari Tiba Tiba Menghilang dari Langit Amerika dan Kanada. Mendadak Jadi Gelap Gulita


071461900_1438336857-20150731_Ilustrasi_Blue_Moon_dari_Space

palingseru.com – Bagi kita yang tak mengetahui sejarah mungkin mengira bahwa hari ini hanyalah sebuah hari yang biasa-biasa saja. Namun, bagi masyarakat Amerika, hari ini tepatnya tanggal 24 September 2016 adalah hari memperingati peristiwa di mana saat langit Amerika ‘gelap gulita’ karena menghilangnya matahari.

Fenomena yang diperkirakan sebagai tanda akhir dunia itu terjadi pada Minggu, 24 September 1950 silam.

Pejabat setempat menjelaskan bahwa fenomena tersebut disebabkan oleh kebakaran hutan yang terjadi pada 23 September. Surat kabar lokal menyebut kebakaran terjadi di sebelah utara Alberta, Kanada, sementara sumber lainnya mengatakan kebakaran juga melanda Swedia. Asap dari kebakaran itulah yang disebut-sebut sebagai penyebab perubahan cuaca siang menjadi malam.

“Jika terbangun pada siang hari, kamu akan mengira bahwa itu adalah tengah malam. Orang-orang berpikir bahwa hal tersebut sebagai akibat serangan nuklir atau gerhana Matahari,” kata ahli klimatologi senior Kanada, David Philips, seperti dikutip Liputan6.com, Sabtu (24/9/2016).

Kebakaran hutan pada kala itu bisa dikatakan paling dahsyat. Bagaimana tidak, asap pekat yang dihasilkan dari kebakaran itu mampu mengubah warna Matahari dan Bulan di sepanjang Amerika Utara dan Inggris. Dari warna Matahari yang awalnya kuning bisa menjadi warna ungu Lavender, sementara Bulan berubah warna biru Bluebell.

Fenomena yang dikenal dengan nama Blue Moon ini merupakan peristiwa munculnya bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan yang sama. Biasanya, Bumi mengalami 12 kali purnama setiap tahun dan terjadi pada setiap bulannya.

Menurut perhitungan, Blue Moon terjadi setiap 2,7 tahun sekali. Warna biru yang dipancarkan bulan purnama memang terlihat indah, tapi tidak bagi masyarakat Inggris kuno. Dalam bahasa Inggris kuno, blue atau biru sebelum kata benda berarti ‘pengkhianat’.

Disebut ‘pengkhianat’ karena memang seharusnya Bulan purnama datang sekali setiap satu bulannya dan umumnya terlihat besar dan berwarna putih pucat.

More From: Aneh Unik