Cara Jamaah Haji ini Sembunyikan Barang Bawaaanya Bikin Kamu Tertawa Aja Melihatnya


cara-jemaah-haji-sembunyikan-barang-bawaan-bikin-tertawa-hingga-iba-laporan-haji-2016-rev-1

Palingseru.com – Dalam melakukan ibadah haji ,banyak sekali peraturan khusus yang harus dipatuhi oleh jamaah Haji demi keselamatan dan ketertiban menjalankan ibadah di tanah suci. Salah satu peraturan yang harus dipatuhi para jamaah haji yakni tidak boleh membawa barang bawaan selain yang diperintahkan.

Biasanya , sebelum pulang ke Tanah Air, jemaah haji Indonesia harus melalui tahapan pemeriksaan barang bawaan di bandara. Saat pemeriksaan inilah yang menuntut kesabaran dan ketelatenan, baik petugas haji Indonesia atau pun pihak maskapai.

Banyak sekali kasus yang sering terjadi ketika dilakukan pemeriksaan oleh para jamaah haji misalnya jamaah haji yang ketahuan menyembunyikan barang aneh di bagian tubuh mereka.

Baca juga : 5 Kejadian Mengerikan di Arab Saudi Ini Bikin Jamaah Haji Banyak Yang Tewas

Kisah – kisah tersebut seringkali terjadi pada saat pemeriksaan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Misalnya demi kelancaran komunikasi , berbagai cara dilakukan jemaah haji menyembunyikan barang bawaannya agar barang bawaannya tidak diketahui petugas saat pemeriksaan . Misalnya dengan memasukkan teflon ke dalam bra.

Seperti yang dilakukan oleh seorang jamaah haji asal Banda Aceh yang menaruh barang bawaan di celana dalam. Akibatnya, dia tertahan selama hampir 4 jam di bandara.

“Kemarin ada ibu-ibu dari Banda Aceh. Masuk sudah di gate, nunggu empat jam lantaran dia ngumpetin barang di dalaman (celana dalam),” cerita perwakilan Garuda Indonesia Budi Sutiono saat rapat evaluasi pemulangan jemaah haji di Bandara Jeddah.

Dan ternyata , tak hanya jamaah haji asal Banda Aceh saja yang ketahuan menyembunyikan barang bawaan usai menjalankan ibadah di tanah suci. Tetapi , masih banyak lagi jemaah haji yang suka menyembunyikan barang – barang bawaannya dengan cara unik.

Terutama ibu-ibu yang berdandan persis orang hamil karena perutnya diisi oleh baju-baju yang telah dibelinya dari Arab Saudi. Bahkan tak sedikit ibu-ibu yang memakai pakaian sampai 5 lapis karena tasnya telah penuh dengan barang bawaan yang lain.

“Ini mas, sudah badan melar kayak orang hamil. Pakaian dobel-dobel,” ujar salah seorang jemaah haji sambil memamerkan baju yang dipakainya kepada merdeka.com.

Selain itu, ada seorang nenek-nenek mengikat sebuah gelas dan sebuah barang dari bahan plastik di kerudung bagian belakang, lalu ditutup dengan mukena sehingga tak terlihat dari luar. Tapi tetap saja kelihatan menonjol. Petugas dari Garuda Indonesia pun tertawa saat melihat ulah nenek tersebut. Cuma untuk membawa sebuah gelas saja sampai segitunya perjuangan nenek ini.

Berbagai kisah dari cara unik jamaah haji menyembunyikan barang bawaannya ini juga akibat adanya peraturan ketat penerbangan bagi jemaah haji yang hendak pulang ke Tanah Air .

Selain dilarang membawa air zam-zam, mereka juga dilarang membawa barang di luar kapasitas yang diperbolehkan.

Sementara itu, untuk menghadapi banyaknya jemaah haji kita yang memiliki berbagai macam karakter serta minim pengalaman bepergian ke luar negeri memang harus ekstra sabar.

“Kita juga harus pandai-panda memberi tahu mereka, dengan mengetahui asal daerah masing-masing, karena mereka beda karakter. Penyampaiannya juga harus beda,” kata Kadaker Bandara Nurul Badruttamam, seperti yang dilansir dari Merdeka.com (26/9).

Lihat juga : Cuman Jamaah Haji Indonesia yang Melakukan Hal Hal Ini di Tanah Suci, Kamu Mau Tahu?

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Berita Menarik