7 Bukti Nyata ini Membuktikan Jika Bumi Itu Benar Benar Bulat dan Tidak Datar


inti-gravitasi-rev1

Palingseru.com – Tahukah kamu jika bumi yang didiami manusia selama ini ternyata bentuknya itu bulat dan tidak datar. Bahkan ada sejumlah fakta terbaru yang bisa menjadi bukti jika bumi itu benar – benar bulat.

Beberapa fakta jika bumi ini benar – benar bulat dihasilkan dari berbagai teori konspirasi. Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 7 bukti yang bisa membuktikan jika bumi itu benar – benar bulat dan tidak datar.

Yuk, simak bersama !

1. Kapal laut dan garis horison

Salah satu hal yang bisa membuktikan jika bumi itu benar – benar bulat dan tidak datar yakni dilihat dari area pantai.

Ketika kamu berada di tepi pantai, kamu akan melihat kapal laut yang berlayar ke arah garis horison. Dan ketika kapal laut mendekati pelabuhan , garis horison itu akan hilang dan kapal laut itu akan muncul dari dasar laut.

Dari fenomena ini bisa dikatakan jika ternyata bentuk bumi itu bulat dan tidak datar. Sebab, jika Bumi datar, kapal yang kita lihat mendekat ke pelabuhan akan datang dari kecil ke dekat, bukan muncul tiba-tiba dari garis horison layaknya muncul dari dasar laut.

2. Bayangan

Salah satu hal yang bisa membuktikan jika bumi itu benar – benar bulat dan tidak datar yakni dilihat dari bayangan. Misalnya saja ketika kamu menancapkan sebuah batang atau tongkat di tanah, tongkat tersebut akan menghasilkan bayangan yang berbeda pula ukurannya. Ditambah dengan sinar matahari , bayangan tersebut seakan jauh lebih kecil dibandingkan batang tersebut. Dengan ukuran bayangan yang berbeda dari aslinya ini bisa membuktikan jika memang bumi itu bulat dan tidak datar.

3. Melihat Lebih Jauh dari Tempat Lebih Tinggi

Salah satu hal yang bisa membuktikan jika bumi itu bulat yakni ketika kamu melihat tempat yang lebih jauh , pasti pemandangannya terlihat lebih tinggi. Akan tetapi setelah tempat itu kamu dekati , lokasinya lebih rendah dan bisa kamu jangkau. Hal ini terjadi karena bentuk Bumi bulat. Jika Bumi datar, tak akan ada kesan jauhnya Bumi yang muncul. Jika Bumi datar, pemandangan hanya akan terlihat mengecil dan hilang di titik horison.

4. Melihat Pemandangan Dari Pesawat

Melihat Pemandangan dari pesawat juga bisa menjadi bukti jika bumi itu bulat. Pesawat punya jalur yang mengitari Bumi namun tak pernah jatuh ke ‘tepian’ Bumi.

5. Adanya Zona Waktu

Bumi itu bulat juga bisa dibuktikan dari adanya zona waktu yang berbeda di setiap negara. Ketika di Indonesia jam 10 pagi, di Inggris masih jam 2 pagi. Ketika di New York jam 12 siang, di China jam 12 tengah malam.

6. Inti Gravitasi

Inti gravitasi juga bisa menjadi salah satu hal yang membuktikan jiak bumi itu bulat. Gravitasi bumi muncul akibat adanya keterkaitannya dengan massa. Kekuatan gravitasi antara sebuah objek, sangat tergantung dari massa dan jaraknya. Jadi jika gravitasi menarik benda yang ada di Bumi dengan kekuatan yang sama, sulit dipungkiri kalau Bumi tidak berbentuk bulat dan ada inti gravitasi di dalamnya.

7. Gambar dari luar angkasa

Dan salah satu hal yang membuktikan jika bumi itu bulat yakni ketika kamu melihat pemandangan bumi dari luar angkasa dimana bumi berbentuk bulat.

Nah, itulah dia ketujuh bukti jika bumi itu bulat.

Lihat juga : Teori Bumi Itu Sebenarnya Datar dan Gak Bulat Bikin Heboh Media Sosial

More From: Taukah Kamu