Ini Dia 6 Tipe Orang Tua yang Merusak Masa Depan Anak, Apa Kamu Salah Satunya?

ilustrasi-psikologi-anak-1-140516-andri

Palingseru.com – Kesuksesan anak adalah cerminan kesuksesan orangtuanya saat membesarkan dan membimbing anaknya. Setiap anak yang terlahir dari orangtua yang baik mulai dari prilaku dan budi pekerti serta orangtua yang berwawasan luas , maka anak tersebut juga akan tumbuh menjadi anak yang punya masa depan cerah.

Itulah sebabnya jika kepribadian orangtua sangat mempengaruhi hidup anak. Akan tetapi , tidak semua orangtua punya sikap seperti itu. Dalam membesarkan anak, setiap orangtua punya cara yang berbeda.

Dan ternyata , kesalahan dalam membesarkan dan mendidik anak ini sangat berpengaruh terhadap masa depan anak. Bahkan ada beberapa sikap orangtua yang bisa merusak masa depan anak.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, inilah dia diantaranya :

1. Tipe kompetitif

Salah satu sikap orangtuaĀ  yang bisa merusak masa depan anak dalam mendidik anaknya yakni tipe orangtua yang kompetitif. Tipe orangtua kompetitif ini yakni sering memacu dan memaksa anaknya untuk jadi sang juara.

Sikap orangtua seperti itu memang bisa melatih anak untuk terus aktif, tapi ada beberapa hal negatif yang akan muncul dalam diri anak yakni anak bisa tumbuh menjadi sosok yang tidak mau mengalah dan bisa membuat dirinya bersifat angkuh.

2. Tipe pemanja

Membesarkan dan mendidik anak memang harus penuh dengan cara kelembutan . Tapi bukan karena anak harus terus – terusan di manja. Anak yang mendapatkan didikan sering dimanjakan orangtuanya ini akan tumbuh menjadi anak yang tidak bisa mandiri dan suatu hari dirinya akan kesusahan untuk bisa berjuang sendiri.

3. Tipe acuh tak acuh

Orangtua yang punya sikap acuh tak acuh terhadap anaknya ini juga akan lebih merusak masa depan anak. Karena suatu saat anak akan menganggap jika dirinya kurang mendapatkan perhatian dari orangtuanya sehingga dirinya berani melakukan tindakan – tindakan tidak baik seperti terjerumus dalam pergualan bebas bahkan narkoba.

4. Tipe pemarah

Orangtua yang punya tipe suka memarahi anak selama mendidik dan membesarkan anaknya ini juga akan berpengaruh terhadap masa depan anak. Orangtua yang suka memarahi anaknya walaupun hal sepele ini akan membuat anaknya tumbuh menjadi sosok yang pemberani dan pemarah seperti apa yang dia rasakan selama itu.

5. Tipe protektif

Orangtua memang harus protektif terhadap anaknya , protektif disini harus bisa memantau dan menjaga perkembangan dan pertumbuhan buah hatinya. Tapi sifat orangtua yang sangat protekti ini juga tidak baik untuk masa depan anak. Sifat sangat protektif akan membuat anak merasa terkekang sehingga dia memilih untuk mencari kehidupan baru diluar sana yang lebih bisa merusak masa depannya.

6. Tipe Kasar

Tipe kasar orang tua dalam mendidik anak ini juga menjadi salah satu hal yang bisa merusak masa depan anak. Orangtua yang sering berprilaku kasar terhadap anaknya ini akan membuat anak memiliki kepribadian yang kasar pula.

Nah, itulah dia keenam tipe orangtua yang merusak masa depan anak.

Apakah kamu salah satunya ?

Lihat juga : Ini Dia 5 Ciri Orang Tua Yang Baik Dimata Anaknya

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu