Fujitsu Ciptakan Superkomputer Tercepat dan Terbesar di Dunia


SuperkomputerPersaingan dalam pembuatan super komputer nampaknya akan sangat menarik setelah kemarin IBM berhasil mebuat super komputer tercepat di dunia kini fujitsu berambisi membuat superkomputer tercepat sekaligus terbesar di dunia.

Perusahan asal jeppang ini berencana membuat super komputer yang mampu menyimpan data 12 petabyte. natinya super komputer ini akan di instal perangkat dari  fasilitas National Computational Infrastructure (NCI) ini, dirancang khusus untuk pengembangan penelitian Australian National University (ANU) dengan performa sebesar 1,2 petaflop.

“Superkomputer ini akan menjadi salah satu komputer tercepat dan terbesar di dunia,” kata Kepala Ekeskutif Perusahaan (COO) Fujitsu Australia dan New Zealand, Mike Foster dalam siaran persnya, Senin (25/6).

Super komputer buatan Fujitsu inimemiliki 50 rak yang masing masing raknya  berisi node komputasi 3.592 primergy CX250. Suprer komputer ini natinya akan setara dengan  56.000 komputer biasa selain itu super komputer ini juga memiliki perangkat canggih yang berteknologi klaster X86.

Superkomputer buatan fujitsu ini natinya akan di gunakan oleh negara Australia untuk  menghadapi berbagai tantangan Nasional akan membawa penelitian Australia ke jenjang baru seperti pemodelan cuaca dan iklim, relasi komputasi, partikel fisika, astronomi, ilmu pengetahuan yang bersifat material, mikrobiologi, nanoteknologi dan fotonik.

baca juga: 10 Super Komputer Tercepat di Dunia

More From: Tekno