Kenapa Ular Gak Punya Kaki, Jawaban Ilmuan Ini Bikin Kamu Bengong


kenapa ular gak punya kaki
Gambar Ular foto: pixabay.com/id/ular-python-ball-python-419043/

Palingseru.com – Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, kenapa ular gak punya kaki tapi bisa berjalan?

Padahal, dia sendiri tidak memiliki kaki. Dan hebatnya lagi, gerakannya sangat cepat bahkan bisa merayap ke dasar pohon atau dinding rumah.

Nah, pertanyaan misteri ini akhirnya dipecahkan oleh ilmuan dari University of Florida. Kedua orang ilmuan ini telah meneliti lebih dalam mengenai hal ini, terutama dari sisi genetika.

Lalu, apakah ular benar-benar memiliki kaki atau tidak?

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Biology minggu lalu, Martin J Cohn yang melakukan riset mengungkapkan bahwa ular memang tidak memiliki kaki, tetapi memiliki gen “Sonic Hedgehog”. Nama gen “Sonic Hedgehog” ini diambil dari tulang serupa landak yang tumbuh saat perkembangan awal embrio ular.

“Itu adalah salah satu rangka tubuh teraneh pada vertebrata,” katanya seperti dikutip Tribuntravel.com, Sabtu (29/10/2016).

Meski tak memiliki kaki, gen itu tetap eksis. Gen tersebut bisa “hidup” dan “mati”.

Pada ular, gen itu dalam kondisi “mati”. Inilah yang menyebabkan kaki ular tidak bisa tumbuh seperti hewan mamalia pada umumnya.

Yang mengejutkannya lagi, dikatakan oleh Cohn, ular phyton memiliki semacam cakar yang sebenarnya bakal kaki.

Temuan ini menunjukkan, phyton sebenarnya mungkin memiliki kaki. Phyton hanya butuh mutasi genetik yang tepat, maka kaki pun tumbuh.

Menurut Cohn, riset ini bisa bermanfaat untuk penelitian evolusi yang lebih luas.

“Saya pikir ini bisa menjadi dasar untuk melakukan studi perbandingan tentang bagaimana organ hilang dalam evolusi,” tuturnya.


Like it? Share with your friends!