Ternyata Seperti ini Bentuk Peta Bumi Yang Paling Benar. Gak Seperti yang Kamu Pelajari di Sekolah

20-21-682-2-1478079053

Palingseru.com – Tahukah kamu ternyata bentuk peta bumi yang selama ini kita pelajari di sekolah, sama sekali tidak akurat. Ini karena Antartika, Greenland, dan daerah manapun yang makin mendekati kutub, akan terdistorsi ukurannya.

Seorang seniman asal Jepang bernama Hajime Narukawa mencoba untuk membuat sebuah peta baru yang secara akurat merepresentasikan luas area dari tiap daerah di muka Bumi.

Ia membagi permukaan bumi yang bulat ke 96 segitiga yang telah didatarkan  dan ditransfer menjadi bentuk tetrahedron. Teknik ini membuat gambar yang merepresentasikan tiap area Bumi menjadi ‘datar’ namun dapat mempertahankan proporsi luas areanya.

20161102155202-1-cara-hajime-narukawa-membuat-peta-bumi-paling-akurat-001-indra-cahya

Jika kamu melihat peta dengan proporsi yang serupa dengan keadaan aslinya, kamu tak akan biasa. Karena keindahan peta Mercator yang sering kita lihat sudah tak ada lagi, berganti dengan perpaduan lima benua dan antartika yang bentuknya terlihat tak lazim.

Meskipun begitu, peta ini bisa menyelesaikan permasalahan yang sudah terlanjur meluas selama 447 tahun terakhir. Seperti masalah luas suatu negara.

Baca juga : Foto Peta di Sebuah Daerah Ini Berbentuk Lafadz Allah Mendadak Bikin Heboh di Media Sosial

Contohnya bisa kita lihat di beberapa negara seperti Inggris. Jika di peta, kita lihat negara Ratu Elizabeth tersebut terlihat cukup besar. Namun jika mengukur luasnya, Inggris tak lebih besar dari Jepang, Selandia Baru, Madagaskar, bahkan Sumatera.

Alhasil, Narukawa diberi penghargaan Grand Award dari Good Design Award 2016, yang merupakan penghargaan tertinggi di Jepang dalam dunia desain.

 

 

 

5 Lagu ini Bisa Memanggil Setan, Percayalah Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Untuk Kamu Lihat

Apa Komentar Kamu