Wanita Asal Indonesia Ini Dinobatkan Jadi Pahlawan di Israel. Kamu Mau Tahu Alasannya


 

palingseru.com – Mima Saina, seorang wanita asal Indonesia yang dinobatkan sebagai pahlawan pada tahun 2003 atas rekomendasi Congregation Adas Israel di Washington D.C. dan Senator California, Henry A. Waxman. Dan kini namanya tercantum di taman monument Righteous Among the Nations.

Mungkin kita bertanya-tanya kenapa Mima yang merupakan warga asli Indonesia bisa mendapat penghargaan di Israel?

Dikutip dari TribunSolo.com, Mima merupakan wanita berdarah Jawa yang bekerja sebagai pembantu di rumah Tole Madna, yang juga warga asli Indonesia yang menetap di Belanda.

Namun tugasnya beralih menjadi pengasuh anak, setelah sang majikan mendapat amanah untuk menjaga seorang anak bayi laki-laki bernama Alfred Munzer, anak dari pasangan Simcha Mnzer dan Gisele.

Alfred merupakan anak terakhir dari tiga bersaudara. Ia lahir bertepatan dengan invasi Jerman atas Belanda pada tahun 1941.

Untuk menyelamatkan ketiga anaknya, Gisele memilih untuk menjual semua harta yang ia miliki. Ia kemudian menitipkan kedua putrinya kepada seorang tetangga.

Sedangkan Alfred saat itu dititipkan kepada mantan istri Tole Madna, Annie Madna. Oleh Annie, Alfred dipindahkan untuk dirawat oleh adik perempuannya.

Namun karena di sebelah rumah mereka ada seorang Belanda simpatisan Nazi, Alfred pun kembali dipindahkan ke rumah Tole Madna.

Di sanalah akhirnya Alfred dirawat oleh Tole Madna dan pembantunya, Mima, hingga Perang Dunia II berakhir.

Selama merawat Alfred, sudah tercatat banyak sekali perjuangan Mima. Salah satu perjuangan Mima yang paling mengesankan adalah dia menempuh beberapa kilo dengan berjalan kaki demi mencari susu untuk Alfred.

Padahal kondisi jalanan saat itu sangat tidak aman. Dan karena ingin perjalanannya tidak diketahui, Mima pun menyanyikan sebuah lagu berjudul Nina Bobo.

Lagu itu ternyata membuat Alfred tertidur sehingga tak menimbulkan suara yang bisa membahayakan keselamatan mereka.

Atas jasa itulah Mima mendapatkan penghargaan sebagai pahlawan. Dan kini namanya telah terukir di taman monument Righteous Among the Nations.

Bagaimana menurutmu?

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Berita Menarik