Kapal Perangnya Bisa Hilang di Laut Jawa, Belanda dan Inggris Protes ke Indonesia

 

Palingseru.com – Menteri Pertahanan Belanda melayangkan protes kepada Indonesia tentang hilangnya kapal perang negara mereka di Laut Jawa, yang tenggelam dalam pertempuran dengan Jepang pada Februari 1942 silam.

Aksi protes ini dilayangkan pada Kamis (17/11/2016) lalu, dengan bertepatannya hari peringatan 75 tahun peristiwa tersebut, karena Negara Kincir Angin itu ingin merayakan dan mendirikan monumen peringatan.

“Ini adalah lokasi kuburan militer, dan mereka harus dihormati,” tandas Menteri Pertahanan Belanda, Jeannie Hennis-Plasschaert, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (18/11/2016).

Mengetahui bangkai-bangkai kapal sudah tidak ada di tempatnya ditemukan dulu, kementrian Belanda lantas melayangkan protesnya.

Padahal, 15 tahun yang lalu bangkai-bangkai kapal itu masih ada di dasar Laut Jawa. Namun kini hanya tinggal jejaknya saja. Diduga, bangkai kapal tersebut sudah dipereteli oleh penduduk setempat untuk dijual lagi.

Pelayangan protes ini juga dilakukan oleh Pemerintah Inggris. Mereka mendesak pemerintah Indonesia untuk menyelidiki keberadaan bangkai kapal Angkatan Laut Inggris yang juga tenggelam dalam perang laut besar tahun 1942 itu.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan di London, pemerintahnya terkejut dengan berita hilangnya bangkai sejumlah kapal Royal Navy yang tampaknya juga telah diambil oleh warga sekitar dan dijual sebagai besi tua.

Mereka menyayangkan kondisi ini. Karena bagi mereka, bangkai kapal para sekutu Inggris dahulu adalah bukti sejarah, dan seharusnya dipajang guna menghormati jasa-jasa mereka.

Sebelumnya, sekutu Belanda, Inggris, Amerika Serikat dan Australia berusaha menghadang invasi militer Jepang ke Pulau Jawa pada Februari 1942. Namun upaya mereka gagal. Dari 17 kapal perang yang dikerahkan sekutu, 10 kapal diantaranya ditenggelamkan Jepang.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu