Jika Kamu Mengalami 5 Hal Ini, Artinya Pankreas Kamu Sedang Bermasalah

 

Palingseru.com – Sama halnya seperti jantung, pankreas juga merupakan organ terpenting bagi tubuh. Fungsinya sendiri untuk menghasilkan enzim dan juga hormon di mana untuk membantu sistem pencernaan. Dengan begitu kesehatan organ penting ini harus terjaga.

Tapi sayangnya tak banyak orang yang mengetahui apakah pankreasnya sedang dalam bermasalah atau tidak. Padahal, ketika pankreas mengalami masalah, biasanya memperlihatkan beberapa tanda. Salah satunya adalah nyeri perut.

Selama ini kita seringkali menganggap bahwa nyeri perut adalah gejala penyakit biasa. Tapi siapa sangka kalau ini adalah tanda dari kerusakan pankreas. Bukan hanya ini saja, tapi ada beberapa tanda lainnya yang menunjukkan bahwa pankreas sedang bermasalah.

Berikut informasinya yang terangkum dalam 5 Tanda Organ Pankreas Bermasalah, dilansir dari Kompas.com, Selasa (6/12/2016):

1.Nyeri perut

Seperti yang telah dibahas di atas, nyeri perut merupakan salah satu gejala paling umum dari kanker pankreas dan pankreatitis akut. Rasa nyeri ini biasanya menjalar hingga ke punggung bagian bawah dan menetap selama berminggu-minggu. Jadi, jika kamu merasakan tanda seperti ini maka segeralah periksakan ke dokter.

2.Tinja berwarna terang dan lebih cair

Tinja berwarna terang dan lebih cair merupakan salah satu tanda jelas pankreas sedang dalam masalah. Ini dapat terjadi karena adanya gangguan saat pankreas ingin memproduksi enzim. Sehingga yang terjadi kotoran menjadi lebih pucat dan lebih cair.

3.Mual dan muntah

Mual dan muntah merupakan tanda-tanda yang harus diwaspadai. Terutama jika terjadi setelah makan makanan berlemak.

Andrew Hendifar, MD dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles menjelaskan, pankreas menghasilkan enzim yang membantu memecah lemak dalam sistem pencernaan. Ketika lemak tak berhasil dipecah, akhirnya bisa memicu rasa mual.

4.Gula darah tinggi

Jika gula darah tinggi, itu tanda produksi insulin sedang bermasalah. Dan hal ini jelas berkaitan dengan pankreas. Pankreas menghasilkan insulin yang membantu penyerapan gula dalam darah ke sel-sel di tubuh.

Apabila pankreas mengalami gangguan, maka produksi insulin akan bermasalah hingga berujung pada tingkat gula darah yang meningkat. Dan inilah yang menyebabkan orang menderita penyakit diabetes atau kencing manis.

5.Penurunan berat badan

Nah yang terakhir ini mungkin sedikit mengejutkan. Siapa menyangka kalau penurunan berat badan menjadi tanda bermasalahnya pankreas. Tapi jika disertai rasa nyeri di perut hingga mual dan muntah. Apabila mengalami hal tersebut maka dipastikan bahwa fungsi pankreas sedang bermasalah.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu