Wow!! Ini Biaya yang Dikeluarkan Polri untuk Pengamanan Aksi 411 dan 212. Kamu Mau Tahu

 

Palingseru.com – Meski telah usai, aksi damai yang digelar pada 2 Desember 2016 untuk menuntut keadilan terkait kasus penistaan agama yang dilakukan gubernur non-aktif Basuki ThajaJa Purnama alias Ahok masih menjadi pembahasan menarik.

Seperti diberitakan sebelumnya, ribuan hingga jutaan umat Muslim terlibat langsung dalam aksi yang dikenal aksi 212 ini. Tidak hanya kalangan masyarakat biasa, sederet artis juga turut menghadiri aksi Bela Islam ini.

Ternyata, di balik pemandangan jutaan umat Muslim yang memenuhi Tugu Monumen Nasional (Monas) pada saat 2 Desember, terkuak biaya yang harus dikeluarkan negara.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam rapat kerja sama Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/12/2016).

Dalam rapat tersebut, Tito mengungkapkan bahwa kedua aksi tersebut telah menelan biaya hingga Rp 76 miliar.

“Biaya 411 (4 November) hampir Rp 33 miliar, untuk 212 itu Rp 43 miliar. Karena melibatkan jumlah personel yang cukup besar,” kata Tito seperti dikutip Tribunnews.com, Selasa (6/12/2016).

Dana sebesar itu, lanjut Tito, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Polri 2016.

Meski demikian, Tito berharap bahwa aksi ini tidak akan terulang kembali. Jikalaupun dilakukan kembali, pihaknya telah mengajukan penambahan anggaran Rp 95 miliar kepada Menteri Keuangan dan sudah disetujui.

“Sehingga untuk kontingensi demo, dan lain-lain sampai akhir tahun kami masih punya anggaran,” tutur mantan Kapolda Metro Jaya itu.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu