4 Fakta Kerajaan Majapahit Ini Masih Menjadi Misteri Hingga Sekarang! Kamu Mau Tahu?

 

Palingseru.com – Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha yang berpusat di Jawa Timur. Kerajaan ini berdiri dari sekitar tahun 1923 hingga 1500 M. Puncak kejayaan kerajaan ini adalah pada saat dikuasai oleh Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350-1389.

Menurut Negarakertagama, kekuasaannya terbentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan hingga Indonesia Timur, meskipun wilayah kekuasaannya masih diperdebatkan.

Sejarah dari kerajaan Majapahit ini memang tidak akan habis jika dibahas. Karena menyimpan begitu banyak cerita maupun fakta yang sampai saat ini masih menjadi ‘misteri’.

Adapun fakta-fakta yang masih menjadi misteri itu dilansir dari Tribuntravel.com.

1.Ibu Kota

Banyak sumber menuturkan bahwa Majapahit merupakan sebuah kerajaan besar yang mempunyai ibu kota. Dan letak ibu kota itu adalah di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Fakta ini mungkin benar, karena mengingat lagi dengan beberapa peninggalan Kerajaan Majapahit berupa Candi Brahu yang terdapat di situs arkeolog Trowulan, di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto.

Sejarah-Kerajaan-Majapahit

2.Harta Karun

Fakta yang masih menjadi hingga sekarang berikutnya adalah adanya harta karun. Menurut para peneliti, harta karun peninggalan Kerajaan Majapahit adalah emas dan logam.

Konon katanya, Candi Brahu dulunya menjadi kawasan pesta penyambutan masa kejayaan pemerintahan Hayam Wuruk dengan mengundang duta angkatan perang dari Tiongkok. Karena ingin menunjukkan kejayaannya, Hayam Wuruk pun menggunakan peralatan makan serba emas.

Setelah makan, peralatan emas itu langsung dibuang ke Kolam Segaran tempat pesta tersebut dilangsungkan. Inilah yang membuat para peneliti yakin bahwa di Kerajaan tersebut banyak terdapat harta karunnya.

3.Peninggalan

candi-tikus_20161208_114824

Selain meninggalkan harta karun, Kerajaan Majapahit juga dipercaya meninggalkan sejumlah situs sejarah. Sampai saat ini, para arkeolog hanya baru menemukan beberapa di antaranya yaitu runtuhan candi-candi seperti Candi Muteran, Candi Gedung, Candi Tengah dan Candi Gentong.

Para arkeolog percaya bahwa masih banyak lagi peninggalan dari Kerajaan Majapahit.

4.Desa Emas

Fakta terakhir yaitu adanya desa emas. Konon katanya, ada sebuah desa yang di dalam tanahnya terdapat emas. Sehingga warga menyebutnya sebagai Desa Kemasan.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu