Jika Sedang Rindu, 5 Reaksi Kimia Ini Akan Terjadi Dalam Tubuh Kamu

 

Palingseru.com – Pada dasarnya setiap manusia memiliki perasaan rindu atau kangen. Terutama pasangan kekasih yang baru saja menjalin hubungan. Iya nggak? Beh, kalau nggak ketemu satu hari aja, itu rasanya sudah setahun. Hahaha..

Namun tahukah kamu bahwa saat kamu merindukan seseorang, akan terjadi reaksi kimia dalam tubuh kamu? Ngga percaya? Berikut penjelasan ilmiahnya dilansir dari merdeka.com, Jumat (16/12/2016).

1.Hormon meningkat

Disaat kita merindukan seseorang pasti pernah merasakan hal yang satu ini. Ternyata ini disebabkan oleh hormon-hormon seperti estrogen, testoteron, dan prohesteron. Hormon ini akan meningkat dan mempengaruhi perasaan sentimental kita.

2.Terjadinya masa ovulasi

Menurut Gabrielle Lichterman dari Hormone Horoscope, biasanya wanita akan melewati fase berikut saat berjauhan dengan pasangan atau seseorang yang mereka sayangi. Pada minggu pertama atau hari-hari pertama menstruasi, wanita akan merindukan momen-momen menyenangkan bersama pasangan.

Di minggu kedua, mereka akan mulai merindukan kedekatan fisik dengan pasangan. Kemudian di minggu ketiganya, biasanya wanita akan mulai berbicara. Di minggu terakhir, kebaradaannya di sekitar kita menjadi kebutuhan ‘darurat’ yang harus segera dipenuhi.

3.Hormon dopamin meningkat

Tahukah kamu bahwa saat kamu merindukan seseorang hormon dopamin kamu akan meningkat. Hormon ini memiliki pengaruh kuat terhadap rasa sakit, bahagia dan hasrat. Selain itu, kondisi ini juga mempengaruhi hormon serotonin yang mengendalikan tingkat stres, suasana hati dan nafsu makan.

4.Meningkatnya hormon oksitosin

Selain hormon-hormon yang disebutkan di atas, hormon oksitosin juga akan meningkat ketika kita merindukan seseorang.

Sebuah studi menemukan bukti bahwa hormon ini menjadi kunci kesetiaan bagi pria. Saat diberikan semprotan oksitosin, pria yang sedang menjalani komitmen akan cenderung menciptakan jarak fisik dan mental terhadap wanita yang bukan pasangannya.

5.Produksi hormon dalam taraf maksimal

Reaksi ini akan terjadi apabila kita telah bertemu dengan orang yang kita rindukan. Kedekatan fisik seperti pelukan dan ciuman bisa memicu produksi dopamine, serotonin, dan oksitosin si hormon cinta dalam taraf maksimal. Tak heran kalau satu pelukan erat dan ciuman yang dalam bisa terasa begitu melegakan.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu