Kenapa Mata Kamu Terpejam Saat Bersin, Ternyata Ini Alasannya

 

Palingseru.com – Bersin merupakan aliran udara yang hebat melalui mulut dan hidung. Ini sering terjadi di luar kemauan kita. Bukan begitu? Tapi, bersin ini juga terjadi karena adanya partikel-partikel pengganggu dalam hidung. Partikel-partikel itu kemudian merangsang ujung-ujung saraf di dalam hidung untuk bersin.

Selain itu, penyebab lain dari bersin juga bisa karena udara dingin atau sakit flu. Pada saat sakit flu, banyak partikel asing di dalam hidung sehingga memaksa hidung merangsang kita bersin.

Nah bicara soal bersin, pernah nggak sih kamu mengamati mata orang yang sedang bersin?

Rata-rata orang yang bersin biasanya sering menutup matanya bukan. Ternyata ini punya alasan sendiri lho.

Melansir Tribunstyle.com, Dr. David Huston, seorang dekan di Texas A & M College of Medicine Houston sekaligus ahli alergi di Houston Methodist Hospital, mengungkapkan hal ini terjadi karena dimanfaatkan untuk melindungi mata dari partikel-partikel yang masuk ke dalam hidung.

“Masih belum diketahui alasan pasti mengenai mata tertutup saat bersin. Tapi ada kemungkinan kalau hal ini dimanfaatkan untuk melindungi mata dari partikel-partikel yang masuk ke dalam hidung,” terang David.

“Selain itu bersin juga merangsang batang otak bagian pusat bersin untuk melakukan perintah kontraksi dari esophagus ke sfingter,” tambahnya.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu