Yang Menaikan BBM Ternyata Bukan Pemerintah Tapi..

PalingSERU News – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang diumumkan beberapa hari lalu merupakan kenaikan yang hanya terjadi pada harga BBM umum. Di mana mekanisme harganya ditetapkan oleh badan usaha, yakni PT Pertamina (Persero).

Sekretaris Ditjen Migas Kementerian ESDM Susyanto menjelaskan BBM umum merupakan BBM yang tidak diberikan subsidi. Sehingga, pemerintah telah memutuskan bahwa harga BBM subsidi dan harga BBM penugasan tidak akan naik hingga tiga bulan mendatang.

“Bahwa Pertamina yang menaikkan itu adalah BBM umum, bukan BBM tertentu dan penugasan. Karena BBM tertentu dan penugasan telah ditetapkan dan diatur oleh Peraturan Menteri,” ujar Susyanto di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat (6/1).

Dia menambahkan, jenis BBM yang harganya ditentukan pemerintah adalah kerosene, minyak solar, dan premium. Sementara, BBM umum yang diatur oleh perusahaan adalah BBM jenis pertamax, pertamax plus, pertamax turbo, dan pertalite.

Meski demikian, lanjut Susyanto, Pertamina berhak menaikkan harga BBM umum selama kenaikan marginnya masih sesuai dengan ketentuan.

“BBM umum aturannya, perusahaan dapat menetapkan harga dengan ketentuan marginnya tidak boleh kurang dari 5 persen dan tidak boleh lebih dari 10 persen. Sepanjang itu, maka sah badan usaha menetapkan (harga BBM),” imbuhnya.

Sebelumnya, terhitung mulai Kamis (5/1), harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Series, Pertalite dan Dexlite naik sebesar Rp 300 per liter. Kenaikan harga seiring dengan kondisi harga minyak mentah dunia yang mengalami peningkatan.

Berikut kenaikan harga BBM untuk Jawa-Bali:

Pertamax dari semula Rp 7.750 per liter menjadi Rp 8.050 per liter.

Pertalite dari semula Rp 7.050 per liter menjadi Rp7.350 per liter.

Pertamina Dex Rp 8.400 per liter (untuk DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat).

Rp 8.500 per liter (untuk DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur).

Dexlite Rp 7.200 per liter untuk Jawa-Bali-Nusa Tenggara.

Sumber: merdeka.com

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu