7 Penghuni Lautan Ini Bentukya Mirip Seperti Alien dari Planet Asing. Mau Lihat

7-penghuni-lautan-ini-berbentuk-seperti-reinkarnasi-alien

 

Palingseru.com – Ada jutaan, bahkan mungkin puluhan juta spesies makhluk hidup yang ada di lautan. Dari sekian banyak itu, tentu saja hanya sebagian kecil yang pernah kita ketahui dan lebih sedikit lagi yang pernah kita lihat secara langsung.

Nah kali ini Palingseru akan menyajikan sebuah artikel yang mengulas tentang penghuni lautan yang bentuknya mirip seperti alien.

Melansir dari merdeka.com, berikut daftarnya :

1.Ubur-ubur Atolla

ubur-ubur-atolla-rev1

Melihat dari bentuknya saja kita sudah beranggapan bahwa ini makhluk alien. Tapi ini adalah spesies yang cukup umum ada di lautan, bahkan mereka bisa ditemukan di tiap lautan di dunia. Meski demikian, jangan beraharap dengan mudah mendapataknnya di pantai karena mereka hidup di 700 meter di bawah permukaan laut.

Ubur-ubur Atolla ini bisa dibilang salah satu ubur-ubur yang spesial. Kenapa? Karena mereka memiliki sebuah benjolan cahaya seperti lampu atau istilah ilmiahnya adalah bioluminescent. Dalam hal ini, Atolla menggunakannya untuk lari dari predator.

2.Gorgonian Wrapper

gorgonian-wrapper-rev1

Spesies makhluk hidup yang ada di lautan yang bentuknya seperti alien berikutnya adalah Georgonian Wrapper. Disebut alien, karena penghuni perairan Indo-Pacific ini memiliki tentakel yang cukup banyak.

Sebenarnya, Gorgonian Wrapper ini adalah anemone laut. Tapi dia juga sebagai predator laut. Ratusan tentakel yang melekat di tubuhnya itu bisa mengeluarkan racun yang bisa mematikan ikan-ikan dalam sekejab.

Bahkan, racun yang terdapat di tentakelnya itu adalah reaksi tercepat yang ada di dunia binatang. Tidak sampai 700 nanodetik sel racun bisa tersembur. Satu nenodetik adalah per satu milyar detik.

3.Giant Siphonophore

giant-siphonophore-rev1

Jika dilihat dengan sekilas, penghuni lautan dengan nama Giant Siphonophore ini terlihat seperti cacing biasa. Namun ketika dilihat secara langsung, kamu akan terkejut dengan bentuk aslinya. Giant Siphonophore ini bisa mencapai panjang hingga 40 meter. Wow!

Angka tersebut sama seperti tinggi gedung 13 lantai. Ia bahkan lebih panjang dari Paus Biru, yang merupakan vertebrata terpanjang di dunia.

Disebut sebagai alien, karena Giant Siphonophore merupakan koloni dari jutaan makhluk bernama zooids. Zooids ini bekerja secara kelompok dan memiliki tugas masing-masing. Ada yang bertugas makan, mencerna, bahkan membuat sistem pertahanan.

4.Ikan ES Antartika

ikan-es-antartika-rev1

Ikan Es Antartika merupakan hewan laut yang hidup di perairan dalam Kutub Selatan dengan bentuk paling aneh sekaligus tak lazim.

Ikan ini sama sekali tak memiliki warna seperti ikan pada umumnya. Bahkan, darahnya pun transparan. Dengan bentuk tubuh yang transparan, bisa jadi karena dipengaruhi habitatnya dengan temperature di bawah 0 derajat Celcius dan kedalaman 1 kilometer.

5.Udang Emperor

udang-emperor-rev1

Hewan kecil dengan berwarna-warni seperti ini nampak seperti fauna dari drama fantasi. Namun kenyataan bukan seperti itu. Ini adalah seekor udang yang diberi nama Udang Emperor. Meski tampilannya sangat menarik, hewan kecil ini sangat berbahaya sekali.

Saking berbahaya, para predator tidak mau memakannya. Ini karena sang Emperor mampu menyerap racun dari makanannya sendiri dan membuat dirinya beracun jika dimangsa.

6.Siput naga biru

siput-naga-biru-rev1

Tampilan dari hewan kecil ini juga tak kalah menariknya. Ditambah lagi dengan warnanya yang sangat menonjol. Tapi siput naga biru ini sangat beracun. Dengan tingkat racun yang tinggi, membuat siput naga biru ini menjadi pemberani.

Dia tidak segan memangsa binatang yang lebih besar seperti Man o War yang punya ukuran lebih besar dari ubur-ubur dan juga punya tentakel beracun.

7.Cacing Bobbit

cacing-bobbit-rev1

Terakhir, Cacing Bobbit. Penamaannya sendiri diambil dari nama pembunuh di era awal 90-an. Meski namanya terkesan unik, tapi tidak sebanding dengan rupanya yang cukup seram. Bukan hanya bagi manusia tetapi juga sekawanan penghuni laut. Cacing laut yang bisa tumbuh hingga 3 meter ini merupakan ancaman besar bagi ikan-ikan di laut.

Dia dapat melahap ikan dengan cepat. Uniknya, specimen yang tampak seperti monster ini tidak bisa dicari di lautan karena ia tinggal di bebatuan. Ini merupakan cara kamuflase si Bobbit.

Jika Militer Indonesia dan Israel Dibandingkan, Manakah yang Lebih Garang? Lihat Nih

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu