13 Permainan Ini Pasti Pernah Kamu Mainkan Ketika Jam Istirahat Saat SD, Generasi 90an Pasti Tau!

 

Palingseru.com – Seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan jaman, kini permainan yang dulu sering kita mainkan di waktu SD telah mulai terlupakan. Bisa dilihat secara nyata bahwa kenyataannya anak SD jaman sekarang sudah mulai bermain dengan hal-hal yang berbau tekhnologi.

Bahkan parahnya lagi, sudah ada yang mengenal dunia percintaan. Miris memang.

Ini tentu saja berbanding jauh dengan anak SD jaman dahulu. Di mana lebih sering menghabiskan waktu istirahatnya di sekolah dengan permainan tradisional. Bahkan sampai jam istirahat selesai pun, rasanya belum puas memainkannya.

Nah, berikut ini 15 permainan tradisional yang sering dimainkan anak SD era 90-an dilansir dari laman line.me.

Cek ya, permainan mana yang paling sering kamu mainkan!

1.Ular naga

pm1

Ini merupakan salah satu permain tradisional favoritnya anak SD di jaman dahulu. Baik itu cewek maupun cowok. Di permainan ini, akan ada dua orang yang menyatukan tangannya dengan membentuk layaknya lorong. Kemudian anak-anak lainnya membentuk baris panjang memutari dan masuk ke lorong. Kedua anak harus mengaungkan tangan ke barisan ular sampai ular habis. Kalau sudah habis, yang terjadi adalah rebutan anak antara dua ular. Seru bukan?

2.Lompat tali

pm2

Untuk permainan yang satu ini, biasanya lebih didimoninankan anak perempuan. Cara bermainnya pun unik. Di sini, para pemainnya akan melompat-melompat dari yang rendah sampai setinggi yang bisa dilakukan si pemegang tali.

3.Petak umpet

pm3

Permainan nan menyenangkan ini masih dilakukan sampai sekarang. Petak umpet dilakukan dengan menyepakati area untuk bersembunyi dan satu orang berjaga sementara anak-anak lainnya bersembunyi. Bagian jaga harus menghitung dan mencari anak-anak yang bersembunyi sambil meneriakkan namanya dan memegang tembok ia berjaga. Sungguh permainan yang menyenangkan bukan?

4.Kelereng

pm4

Anak-anak laki paling senang memainkan permainan tradisional ini. Permainan ini bukan hanya memberikan kesenangan tersendiri tetapi juga melatih kelihaian kita.

5.Engklek

pm5

Permainan ini dilakukan dengan menggambar kotak-kotak yang menumpuk dan terdapat setengah lingkaran di bagian paling atas. Setiap anak memiliki giliran untuk melewati kotak-kotak tersebut dengan melempar suatu benda sebelum melompat. Siapa yang dapat melompati semua kotak-kotak tanpa menyentuh garis itulah yang menjadi pemenangnya.

6.Dakon

pm6

Dakon atau yang sering disebut congklak merupakan salah satu permainan yang paling sering dimainkan anak-anak dahulu. Permainan ini dapat mengasah nalar dan ketelitian anak. Kenapa? Karena di sini anak-anak dengan sendirinya bisa berpikir untuk bagaimana caranya agar biji-biji tersebut tidak berhenti di tempat yang kosong.

7.Bola Bekel

pm7

Permainan ini dimainkan dengan satu bola yang memantul dan empat biji bekel yang nantinya akan dibolak-balik sesuai dengan urutan. Pertama bola dilempar, biji diambil satu per satu sampai semuanya dalam satu genggaman. Setelah itu barulah dibolak-balikan lagi sesuai bentuknya.

8.Cublak-cublak suweng

pm8

Cublak-cubak suweng merupakan permainan yang menggunakan lidi. Permainan ini dimulai dengan menyendok gundukan tanah dengan lidi. Pada ujung lidi harus terdapat tanah yang diambil dari gundukan tadi dan jika tidak, maka pemain tersebut dianggap kalah dan mendapat hukuman dari teman-temannya.

9.Gobak sodor

pm9

Kekompakan sangat dibutuhkan dalam permainan ini. Jika tidak, maka para lawan akan dengan mudah melewati garis atau pintu paling terbelakang.

10.Jamuran

pm10

Jamuran merupakan permainan tradisional dari Jawa. Permainan ini dimainkan dengan membentuk lingkaran sambil menyanyikan “jamuran jamuran jamur opo wong gunung?”, sementara ada anak yang berada di tengahnya.

Anak tersebut nantinya akan menjawab nyanyian dengan menyebutkan jenis jamu kemudian anak-anak yang lain menghukumnya dengan memberikan jamu yang diminta dalam bentuk gelitik atau cubitan.

11.Kontrakol

pm11

Kontrakol dimainkan dengan cara menumpuk pecahan genteng. Pecahan genteng ini nantinya akan menjadi sasaran oleh anak-anak yang bermain. Anak-anak melemparkan bola tenis dan buat yang berhasil maka anak-anak harus berlari sebelum dilempari bola oleh lawan. Permainan ini sendiri dilakukan oleh dua kelompok. Setiap kelompok akan mendapatkan gilirannya masing-masing.

12.Gasingan

pm12

Permainan ini menggunakan gasing yang terbuat dari kayu. Sebelum melemparnya ke tanah, gasing dililit dengan tali terlebih dahulu agar lemparan tersebut menjadi kencang. Gasing siapa yang masih bertahan, itulah yang akan menjadi pemenangnya.

13.Kasti

pm13

Terakhir, ada permainan kasti. Bola kasti dilakukan menggunakan bola tenis dan pemukulnya. Permainan terdiri dari dua kelompok. Satu kelompok bermain dan satu kelompok lainnya berjaga-jaga. Di sini dibutuhkan sedikit ketangkasan, karena si kelompok lawan harus segera menangkan dan melempar bolanya kepada kelompok lawan.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu