Seperti Ini Fakta Fakta Kehidupan Astronot di Luar Angkasa yang Pasti Gak Pernah Kamu Ketahui


 

Palingseru.com – Sewaktu kecil, mungkin kita atau bahkan teman kita pernah mengatakan bahwa ia memiliki cita-cita sebagai astronot. Dengan alasan, bisa melihat dan mengetahui lebih dalam tentang dunia luar angkasa.

Hal seperti ini memang terdengar sedikit mengasyikan, namun siapa menyangka bahwa kenyataannya justru berbalik.

Menjadi seorang astronot rupanya bukan hal yang mudah. Penyesuaian diri adalah hal pertama yang harus diterapkan oleh diri sendiri. Belum lagi harus menghadapi berbagai musibah kecelakaan, dan masih banyak lagi hal-hal tak menyenangkan lainnya.

Dan berikut ini adalah fakta kehidupan astronot di luar angkasa yang wajib kamu ketahui, melansir dari JadiBerita.com, Kamis (19/1/2017).

1.Trauma Kuku

a1

Trauma kuku di sini maksudnya adalah kejadian di mana saat kuku-kuku para astronot berlepasan karena sarung tangan menjepit jari-jari mereka dan mengurangi sirkulasi darah. Oleh karena itu disebut “trauma kuku”.

2.Masalah Gravitasi

a2

Seperti yang dikatakan di atas, penyesuaian diri merupakan hal utama yang harus diterapkan para astronot. Bagi mereka yang pertama kali menginjakan kaki ke luar angkasa, tentu belum begitu paham dengan situasi dan kondisi di sana.

Pernah suatu kejadian terjadi di mana saat itu salah seorang astronot bernama Sunita Williams mengalami kesulitan saat menyantap makananya. Dalam ruang darurat, ia hendak menikmati sushi namun wasabinya terlepas dan tumpah ke dinding.

3.Sisi Bahaya Luar Angkasa

a3

Terbang di luar angkasa memang cukup menyenangkan, namun dari sana jugalah hal yang berbahaya bisa terjadi. Salah satu contohnya adalah tekanan gravitasi. Perjalanan di pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, khususnya, dilaporkan mendapatkan tekanan gravitasi yang cukup besar.

“Saya pernah mendengar kejadian itu digambarkan seperti sebuah kecelakaan kereta api diikuti dengan kecelakaan mobil diikuti dengan jatuh dari sepeda,” kata Tracy Caldwell, salah satu astronot NASA.

4.Makanan Luar Angkasa

a4

Jangan pernah mengira kamu bisa menikmati makanan nikmat saat berada di pesawat luar angkasa. Besarnya tekanan gravitasi membuat kamu tidak bisa menyantapi makanan saat berada di Bumi.

5.Tidur di Luar Angkasa

a5

Masalah lain yang cukup menyebalkan di luar angkasa adalah sempitnya stasiun ruang angkasa. Hal ini pula yang menyebabkan ruang tidur kamu menjadi terbatas. Bukan hanya itu saja, tubuh juga akan melayang-layang.

6.Mandi di Luar Angkasa

a6

Para astronot tidak bisa mandi bebas dengan air, mereka cukup membasuh tubuh dengan ala sekadarnya saja untuk membersihkan diri. Mereka juga diberikan shampoo khusus di ruang angkasa untuk menjaga rambut tetap bersih.

7.Masalah Toilet

a7

Nah untuk hal yang berikut ini mungkin pernah membuat kamu penasaran bukan. Ternyata, selama di luar angkasa, para astronot tidak bisa bebas memakai toilet. Ini karena ruangannya yang cukup sempit. Dan hal yang paling menjijikan, kotoran mereka itu didaur ulang menjadi air minum dan air untuk mandi. Iuhhh..

8.Tulang Astronot

Ini adalah hal yang paling mengerikan. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kepadatan mineral tulang astronot bisa turun 0,4 persen dan 1,8 persen setiap bulan selama berada di stasiun. Ini jelas saja berpengaruh pada kesehatan.

Dikatakan bahwa hal ini dapat memicu risiko patah tulang dan osteoporosis di kemudian hari.

9.Siap-siap Kesepian

a9

Nah mungkin inilah bagian tersulit dalam hidup astronot. Mereka terpaksa menahan rasa rindu mereka dengan keluarga atau teman-teman di Bumi, dan kadang-kadang mereka juga harus melewatkan hal-hal penting yang terjadi di Bumi.

10.Tumbuh Lebih Tinggi

a10

Sebuah penelitian menuturkan bahwa para astronot akan bertambah tinggi antara 5 cm dan 8 cm. Namun, ini bukan kabar yang baik. Sebab penambahan tinggi pada tulang belakang ini dapat menimbulkan rasa sakit.

More From: Taukah Kamu