5 Toko Retail yang Sengaja Meniru Apple Store


Apple store membuat toko retailnya begitu menarik dan berkesan bagi pengunjung yang ingin membeli barang yang di jual di Apple Store mebuat banyak toko retail lain  meniru konsep dari Apple store. Nah berikut ini ada beberapa toko reatail yang meniru konsep dari Apple Store. Mau tahu toko apa aja itu simak berikut ini seperti dikutip dari detik.com.

1. Toko Retail Microsoft

Microsoft mempekerjakan mantan eksekutif retail Apple, George Blankenship untuk membantu menggodok strategi toko retailnya di tahun 2010.

Blankenship menjadi pemain penting dalam kesuksesan toko retail Apple, demikian menurut Gallo. “Tak diragukan lagi toko Microsoft adalah kopian langsung dari Apple Store,” ujar Gallo.

“Para pegawai memekai kaos berwarna cerah dan berdiri dengan piranti tablet. Toko Microsoft memiliki area bermain, sementara Apple memiliki ruang keluarga dan bahkan mereka memiliki ‘kembaran’ Genius Bars di bagian belakang untuk technical support.

Gallo lebih tegas mengatakan bahwa desain toko tersebut sangat-sangat terinspirasi oleh Apple. Di bagian depan toko sebagian besar konstruksinya terbuat dari kaca dengan logo Microsoft satu-satunya yang terlihat. Sementara saat masuk ke bagian dalam, produk-produk yang dipajang juga diletakkan di atas meja kayu.

2. Toko Retail Disney

Bila dilihat sekilas, toko Disney memang berbeda dengan toko Apple, namun menurut Gallo, mereka ‘meminjam’ sensasi yang diusung Apple di mana berkaitan dengan pengalaman dan gairah saat mengunjunginya.

Toko Disney menawarkan sejumlah workshop dan event, sama dengan Apple Store. Toko ini juga menawarkan produk multimedia di mana konsumen bisa berinteraksi saat di dalam toko.

Eksekutif Disney sendiri mengakui bahwa pihaknya terinsipirasi oleh Steve Jobs. Presiden dari Disney Store Worldwide mengatakan pada Gallo bahwa Jobs memberikan inspirasi dan dukungan pada strategi toko retailnya.

3. AT&T

Steve Jobs ternyata juga membawa pengaruh pada toko retail milik AT&T. Raksasa telekomunikasi global ini memutuskan untuk mengubah tampilan dan sensasi toko retailnya ketika iPhone mulai dikenalkan.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, perusahaan ini melakukan banyak penelitian dan bahkan meminta nasehat langsung dari Steve Jobs.

“Toko baru AT&T menyerupai tradisi Apple. Jendela, ruangan yang terbuka dan rapi serta yang paling penting adalah pengalaman multimedia, “tutur Gallo. “Semua piranti dalam kondisi nyala dan mereka sudah membekalkan aplikasi dan video di dalamnya”.

4. Toko Lego

Toko mainan Lego turut terinspirasi dari toko Apple. Menurut Gallo, Lego meminjam ide memgenai in-store workshop dan area display yang mirip dengan Family Room milik Apple di mana anak-anak bisa bermain secara leluasa dengan berbagai produk.

“Saya berjalan ke dalam toko Lego dan salah satu managernya mengatakan pada saya bahwa bukan hal yang kebetulan jika toko Lego dalam banyak hal ingin menyerupai toko Apple, karena pihaknya memang mencoba untuk mereplika pengalaman yang sama,” ujar Gallo.

5. Best Buy

Best Buy baru-baru ini mendirikan toko yang sangat menyerupai toko Apple, beberapa di antaranya mengenai jumlah produk yang didisplay, serta keberadaan help desk yang mirip Genius Bar.

Meskipun masih prototype, namun CEO Best Buy mengindikasikan bahwa ini baru babak awal. Besar kemungkinan, konsumen akan melihat lebih banyak toko Best Buy yang seperti itu ke depannya.

Gallo mengatakan, “Best Buy mulai mencari tahu apa yang diketahui Steve Jobs di tahun 2001: Orang-orang menginginkan lebih dari sekedar toko. Mereka menginginkan lokasi di mana mereka bisa merasa nyaman dan mempelajari sesuatu yang baru.

baca juga: Sejarah Apple Inc. yang paling Sensasional

More From: Tekno