Dengan 5 Trik ini, Orang Tua ini Sukses Bikin Anaknya Ketagihan Baca Alquran. Kamu Mau Tahu?

 

Palingseru.com – Pendidikan agama bagi seorang anak merupakan hal yang penting. Karena ini juga sebagai bekal bagi kehidupan mereka kelak nanti. Dengan mengantongi bekal agama sebanyak mungkin, maka Insya Allah akan memiliki pribadi yang jauh lebih baik.

Dan salah satu pendidikan agama utama yang harus diberikan adalah dengan mengajarkan mengaji atau membaca Al-Qur’an.

Sayangnya, tak semua anak mau diarahkan untuk mengaji. Berbagai cara pun dilakukan demi membujuk sang anak untuk membaca Al-Qur’an. Namun lagi-lagi, upayanya tak berhasil. Jika seperti ini, maka para orangtua harus mencontoh trik jitu dari keluarga Siti Aminah Sulaiman.

Ibu asal negeri Jiran, Malaysia ini menerapkan cara yang tak biasa bagi anaknya agar selalu membaca Al-Qur’an. Bahkan karena cara cemerlangnya itu pula, anak-anaknya tidak bisa berhenti sehari pun untuk membaca Al-Qur’an. Subhana Allah.

Baiklah langsung saja, dikutip dari merdeka.com, inilah beberapa trik yang digunakan Siti Aminah dalam melatih anaknya agar cinta Al-Qur’an :

1.Berhenti Menyuruh Anak

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan para orangtua. Menurut Aminah, cara pertama yang harus diterapkan adalah berhenti menyuruh anak untuk membaca Al-Qur’an. Hal yang seharusnya dilakukan adalah memberikan tauladan atau contoh yang baik kepada anak-anak.

Seperti yang dicontohkan Aminah kepada anak-anaknya. Setiap selesai shalat Maghrib, Aminah selalu membaca Al-Qur’an. Pada awalnya, anak-anaknya hanya cuek dan mengintipnya saja, tapi setelah beberapa hari anaknya mulai penasaran dan mulai mengikuti apa yang dilakukan ibunya.

Jika hal itu konsisten dilakukan, maka orangtua tak perlu lagi menyuruh atau memaksa anak untuk membaca Al-Qur’an.

2.Meluangkan Waktu untuk Membuat Halaqah Al-Qur’an

Trik berikutnya adalah membuat agenda keluarga untuk membuat halaqah qur’an. Setiap hari Jumat, Aminah mewajibkan keluarganya untuk membuat halaqah. Di saat ini, Aminah meminta anaknya untuk duduk dalam lingkaran. Kemudian berganti-gantian membaca Al-Qur’an.

3.Tadabbur Terjemahan Al-Qur’an

Untuk membuat anak-anaknya tertarik membaca Al-Qur’an, Aminah biasanya membiasakan tadabbur terjemahan Al-Qur’an. Setelah ia konsisiten, anak-anaknya pun penasaran dan ingin mengikuti apa yang dilakukan ibu mereka.

Apa yang dilakukan Aminah ini bukan hanya membuat anak-anak tertarik untuk membaca Al-Qur’an, tetapi juga mengerti makna dari ayat-ayat suci Al-Qur’an.

4.Mencoba Menghafal Al-Qur’an Bersama

Selain ketiga hal di atas, Aminah juga membuat agenda seru untuk membuat anak-anaknya tidak bosan saat membaca Al-Qur’an, yakni dengan cara menghafal bersama-sama.

5.Puji Anak Depan Suami

Terakhir, cobalah memuji anak di depan suami. Biasanya, Aminah memuji setiap perkembangan anaknya dalam mempelajari Al-Qur’an kepada suaminya. Ini bertujuan untuk membuat mereka merasa diakui sehingga semangat mereka untuk mempelajari Al-Qur’an lebih besar.

Bagaimana ibu sholeha, begitu mudah bukan untuk mengajari anak agar mau membaca Al-Qur’an. Semoga dengan adanya trik ini, para orangtua semakin giat mengajari anaknya sampai cinta kepada Al-Qur’an. Amin Allahumma Amin.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu