Seperti ini 10 Fakta Tentang Sapi Kekar Asal Eropa yang Bikin Kamu Melongo Mengetahuinya


 

Palingseru.com – Hewan yang memiliki bau khas ini tentu sudah begitu familiar di mata orang-orang, khususnya masyarakat Indonesia.

Namun selama ini, pernah nggak sih kamu melihat sapi yang berukuran jumbo?

Nah di Belgia, ada lho sapi yang ukurannya super besar. Beratnya saja sampai 1 ton, bahkan lebih. Nah lho, itu sapi apa kerbau?

Namun ini belum seberapa. Kalau kamu mendengar fakta-fakta si kekar dan berotot ini pasti lebih terkejut. Mau tahu? Yuk simak informasinya yang dihimpun dari Tribuntravel.com, Senin (6/2).

1.Sapi berotot pertama

Ternyata, sapi asal Belgia utara dan daratan bagian tengah ini adalah sapi berotot pertama yang ada di dunia. Wah, hebat.

2.Dari hasil kawan persilangan

Untuk mendapatkan sapi sampai segede itu, sapi ini dikawinkan dari dua jenis yang berbeda, yaitu sapi Shorthorn dan Charolais.

3.Punya banyak nama populer di Eropa

Fakta yang berikut ini terdengar unik ya. Meski menyandang status sebagai hewan, siapa menyangka kalau si kekar dan berotot ini memiliki banyak nama populernya. Adapun nama-namanya, Belgian Blue, Race de la Moyenne et Haute Belgigue, Belgia Blue-White, Belgia White dan Blue Pied.

4.Ada banyak warna

Selain banyak nama, sapi Belgian Blue ini juga memiliki banyak warna. Mulai dari putih, cokelat, biru gelap, merah muda, hitam hingga merah.

5.Punya otot besar dengan kaki kuat

Dengan otot yang sebesar itu, tentu Belgian Blue juga memiliki tubuh yang kuat. Termasuk bagian kakinya. Bahkan saking kuatnya, ia sampai mendapat julukan “double muscling”.

6.Punya berat lebih dari 1 ton

Dari sejumlah jenis sapi yang diternak, ada satu sapi Belgia yang paling berat. Beratnya mencapai 1250 kilogram. Wow!

7.Bisa bertahan hidup di setiap musim

Iklim negara Eropa tak menentu bahkan hingga mencapai suhu yang sangat ekstrem.

8.Punya kulit tipis dan sedikit lemak

Ini adalah fakta yang paling mencengangkan. Jika dilihat dari tubuhnya, tentu banyak yang menyangka kalau sapi Belgia ini memiliki kulit yang tebal dan terdapat banyak lemak. Namun itu salah besar. Badannya yang besar dan kekar, membuat kulit sapi Belgia jadi lebih tipis.

9.Ternyata hewan jinak

Meski tampilannya mengerikan, siapa menyangka kalau sapi Belgia ini adalah sapi yang jinak.

10.Harga jual tinggi

Dan fakta terakhir adalah, memiliki harga jual yang fantastis. Untuk satu ekor sapi jantan Belgian Blue dihargai sekitar 2000 pound atau sekitar Rp 35 juta. Eittss tunggu dulu, harga ini bukanlah yang termahal, tapi paling terendah.

More From: Taukah Kamu