10 Nenek Moyang Hewan Modern Ini Ternyata Ukurannya Bikin Kamu Bengong Mengetahuinya

 

Palingseru.com – Pernahkah kamu membayangkan seperti apa nenek moyang dari cumi-cumi?

Di kehidupan modern saat ini, cumi-cumi memiliki bentuk tubuh yang kecil, berwarna putih, dan memiliki tinta berwarna hitam.

Namun tahukah kamu bahwa cumi-cumi yang pernah hidup di masa prasejarah memiliki bentuk fisik yang sangat besar, bahkan jauh lebih besar dari yang kita bayangkan. Tidak percaya? Simak saja ulasannya yang dirangkum dalam 10 penampakan nenek moyang hewan modern, dikutip Dream, Rabu (15/2).

1.Deinotherium

Deinotherium adalah nenek moyang dari hewan gajah. Di zaman modern saat ini, gajah memang dikenal sebagai salah satu hewan paling besar. Namun siapa sangka di masa prasejarah dulu, bentuk tubuh gajah jauh lebih jumbo.

Hanya saja belalainya lebih pendek, dan gadingnya pun sedikit melengkung ke dalam.

Deinotherium jantan dapat tumbuh setinggi 3,5 hingga 4,2 meter pada pundaknya. Beberapa spesies bahkan bisa mencapai 5 meter. Sedangkan beratnya sendiri bisa mencapai 14 ton.

2.Smilodon atau Sabretooth

Mungkin ini akan sedikit mengejutkan kamu. Bagaimana tidak, perawakan kucing yang kita kenal sebagai hewan menggemaskan ini rupanya memiliki nenek moyang yang terkenal akan keganasannya. Bukan hanya itu saja, Smilodon atau yang lebih dikenal dengan nama Sabretooth ini juga memiliki gigi taring yang luar biasa besar dan panjang.

Panjang taringnya bisa mencapai 30 senti. Smilodon hidup 10.000 tahun yang lalu, yang berarti kemungkinan pernah hidup berdampingan dengan manusia.

3.The Moa

Moa adalah burung terbesar yang punah pada tahun 1700-an atau 1800-an. Burung besar ini habitatnya di hutan dataran rendah di kepualuan Selandia Baru.

Moa sendiri memiliki banyak jenis, namun jenis yang paling terbesar memiliki tinggi 3,5 meter dan berat sekitar 320 kilogram.

4.Titanoboa

Titanoboa merupakan makhluk paling berkuasa di muka bumi setelah dinasaurus punah 65 juta tahun lalu.

Berdasarkan temuan fosil, ular raksasa ini memiliki panjang sama dengan bus, dan berat mencapai 900 kilogram. Dengan ukuran sebesar itu, bisa dikatakan Titanoboa mampu menelan seekor sapi dalam sekejap.

5.Carbonemys

Carbonemys muncul bersama dengan Titanoboa dan buaya prasejarah. Kura-kura raksasa ini ditemukan di daerah Kolombia. Para peneliti yang berhasil menemukannya saat itu sangat terkejut. Bagaimana tidak, ukurannya sebesar mobil mini dan tengkoraknya sebesar bola yang biasa dipakai dalam NFL American Football.

Menurut para peneliti, kura-kura raksasa ini dapat memakan buaya yang hidup sekarang ini. Karena Carbonemys ini adalah kura-kura pemakan segalanya atau omnivora.

6.Cameroceras

 

Dan hewan berikutnya ini adalah nenek moyang dari cumi-cumi. Hewan prasejarah yang dikenal dengan nama Cameroceras ini memiliki tenaga yang sangat kuat, dan bahkan dapat membunuh mangsanya dengan hitungan menit.

7.Machimosaurus Rex

 

Machimosaurus Rex merupakan spesies buaya penjelajah laut yang ditemukan di Tunisia di Afrika Utara. Makhluk raksasa ini diperkirakan telah hidup 130 juta tahun yang lalu, di mana pada masa ketika dinasaurus mendominasi daratan.

Binatang itu diberi nama yang tepat Machimosaurus Rex, yang arti harfiahnya adalah “raja kadal tempur”.

Panjang dari Machimosaurus Rex ini lebih dari 10 meter.

8.Megalodon

 

Terakhir, ada makhluk raksasa Megalodon. Megalodon sendiri memiliki bentuk fisik seperti hiu. Megalodon dipercaya hidup pada masa Pliosen di Peru dan Amerika Utara sekitar 20-40 juta tahun yang lalu.

Makhluk ini memiliki ukuran yang sangat besar, serta bergigi tajam. Dengan gigi tajam itu, mereka dapat melahap paus dengan sekejab.

Meski bertubuh besar dan garang, Megalodon juga memiliki sisi lemah. Megalodon tidak dapat bertahan lama saat memasuki Zaman Es. Hal inilah yang menyebabkan Megalodon punah.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu