Penting Untuk Diketahui, Minuman Bersoda Mengandung Gula Paling Berbahaya. Seperti Ini Dampak Buruknya Untuk Tubuh Kamu

 

Palingseru.com – Tak dipungkiri bila sebagian orang gemar meminum minuman soda. Selain rasanya yang manis, juga karena memberikan sensasi tersendiri. Terlebih ketika meminumnya di tengah cuaca panas.

Bahkan minuman soda sendiri sudah menjadi minuman yang tak bisa dilepaskan dari hari perayaan-perayaan besar yang ada di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, minuman soda juga sering disebut-sebut sebagai minuman yang ampuh menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi. Meskipun belum ada penjelasan pasti dari sejumlah penelitian mengenai hal ini.

Terlepas dari itu, tahukah kamu bahwa minuman soda mengandung gula paling berbahaya?

Ahli makanan dari University of Barcelona, Profesor Marta Alegret mengungakapkan bahwa minuman soda mengandung jenis gula fruktosa, yang di mana jenis gula sangat “mematikan”.

Seperti dikutip TribunnewsBogor.com, fruktosa dapat meningkatkan kolesterol jahat dan risiko diabetes yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Selain itu, fruktosa juga dapat menyebabkan kegemukan.

Dan yang paling mengerikannya adalah fruktosa dapat memicu penyakit pembuluh darah.

“Fruktosa dalam makanan dan minuman olahan merupakan jenis gula yang dapat memicu penyakit metabolik dan penyakit pembuluh darah,” kata Prof Alegret.

Prof Alegret dan rekan peneliti juga menemukan fruktosa memiliki efek pada bagaimana arteri utama tubuh, aorta bekerja.

“Fruktosa menghasilkan efek negatif karena mempersulit relaksasi kanan aorta ini,” tambahnya.

Dengan dampak buruk sebanyak itu, sudah jelas bahwa minuman soda bukan minuman yang baik untuk dikonsumsi.

Untuk itu, Prof Alegret menyarankan untuk mengurangi bahkan menghindari makanan atau minuman yang mengandung jenis gula fruktosa.

Biasanya fruktosa sendiri sering digunakan ke dalam beberapa jenis makanan seperti kue, biscuit, cokelat, dan juga permen.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu