6 Hal Ini Buktikan Jika Timor Leste Gak Bisa Lepas dari Negara Indonesia


 

Palingseru.com – Tentu kita semua sudah tahu bahwa Timor Leste adalah salah satu provinsi di Indonesia. Namun, provinsi yang dahulu bernama Timor Timur ini akhirnya memutuskan untuk berpisah dan membangun negara sendiri. Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002.

Meski dinyatakan sudah merdeka bahkan telah mempunyai bendera serta lagu nasional sendiri, tapi sejatinya Timor Leste tak seutuhnya lepas dari Indonesia.

Berikut beberapa buktinya yang dihimpun dari m.riau24.com, Selasa (21/2/2017):

1.Masyarakat Timor Leste Lebih Memilih Indonesia untuk Pendidikan Tinggi

Bukti pertama yang menunjukkan bahwa Timor Leste tidak bisa lepas dari Indonesia adalah keputusan orangtua yang mengirim anak-anaknya untuk menempuh pendidikan tinggi di Indonesia. Padahal, ada banyak negara di dunia yang bisa mereka pilih untuk mendapatkan gelar sarjana.

Namun banyak dari mereka akhirnya memilih Indonesia, dan alasannya pun beragam. Mulai dari biaya kuliah di Indonesia yang lebih murah, serta jarak yang tidak begitu jauh.

2.Bahasa Indonesia Sepertinya Sudah Mendarah Daging

Ini mungkin sedikit mengejutkan. Siapa menyangka, selama ini Timor Leste selalu memakai Bahasa Indonesia dalam bahasa sehari-hari mereka. Padahal mereka sendiri sudah memiliki bahasa nasional yakni Portugis dan Tetun.

Selain di kehidupan sehari-hari, bahasa Indonesia juga digunakan di beberapa sekolah di Timor Leste.

3.Masih Berhubungan Dengan Indonesia Soal Pemenuhan Kebutuhan

Meski telah sepenuhnya lepas dari Indonesia, tak dipungkiri bila Timor Leste juga masih bergantungan pada masyarakat Indonesia. Masyarakat Timor Leste masih sering membeli sembako dan kebutuhan hidup lainnya pada masyarakat Indonesia di daerah perbatasan.

4.Menggunakan Barang Produksi Indonesia

Ini adalah bukti nyata bahwa Timor Leste memang tidak bisa lepas dari Tanah Air kita.

Timor Leste selalu menggunakan barang-barang buatan Indonesia. Mulai dari produk sehari-hari hingga kebutuhan untuk pembangunan semacam semen dan sejenisnya. Ini terjadi mungkin karena pemerintah Timor Leste menganggap barang-barang dari Indonesia relative murah dan distribusinya cukup mudah.

5.Sinteron Indonesia Adalah Hiburan Alternatif di Timor Leste

Tanpa disangka, orang-orang Timor Leste suka dengan sinteron Indonesia. Bahkan mereka mengaku sangat menikmati dengan alur ceritanya yang menurut mereka bagus. Terlebih lagi sinetron kita menggunakan bahasa Indonesia, bahasa yang mereka gunakan. Sehingga mereka bisa memahaminya tanpa harus teks terjemahan.

6.Banyak Orang Timor Leste Menikahi Wanita Indonesia dan Sebaliknya

Tak dipungkiri bila wanita Indonesia sangat memukai di mata orang-orang Timor Leste. Buktinya, banyak dari mereka yang menikahi wanita Indonesia. Salah satu buktinya adalah Raul Lemos, suami dari penyanyi cantik Krisdyanti.

Pun sebaliknya, ada juga pria Indonesia yang menikahi wanita Timor Leste. Namun tampaknya ini menjadi tidak begitu mudah. Banyak alasan yang harus dipertimbangkan sebelum untuk melanjut hubungan hingga ke jenjang pernikahan.

More From: Taukah Kamu