Simpanse Ini Dapat Berbicara dan Bertukang


Simpanse Pintar

Simpanse PintarSimpanes yang diberi nama Kanzi ini bisa dibilang unik sebab simpanse ini dapat berbicara dengan bahasa isyarat dan membuat alat pertukangan dari batu.

Simpanse memang dikenal hewan yang memiliki kecerdasan lebih dibandingkan dengan hewan lainya simpanse juga masih merupakan spesis terdekat manusia sehinga tidak heran jika ada simpanse yang bisa bertingkah laku seperti manusia.

Simpanse 31 tahun ini sejak kecil hidup dalam asuhan manusia. Pada usia belasan Kanzi mulai menunjukkan kecerdasan melebihi primata lain di pusat konservasi itu. Dia mampu membuat isyarat makanan favoritnya, seperti pisang. Simpanse ini bahkan mampu menyalakan api, baik itu menggunakan korek ataupun hanya berbekal batu.

Hal yang dilakukan simpanse ini sempat membuat heran para peneliti di Balai Konservasi Great Ape Trust, Kota Des Moines, Negara Bagian Iowa, saat berhasil membuat sebuah kait sederhana untuk membuka kotak berisi makanan. Tindakan ini disinyalir serupa langkah awal yang dulu dilakukan nenek moyang manusia saat baru saja berevolusi.

Menurut para peneliti di balai konservasi simpanse ini juga paham dengan bahasa manusia dan dapat mengucapkan setidaknya 500 kata.

Namun apa yang dilakukan simpanse ini merupakan hal yang dilakukan oleh nenek moyang manusia dizaman dahulu ketika berevolusi menjadi manusia yang normal. Pendapat ini berasal dari fakta kera Bonobo memiliki kesamaan DNA nyaris 98 persen dengan manusia.

Penasara seperti apa aksi simpanse Kanzi ini Lihat Videonya berikut ini.

More From: Aneh Unik