Siapa Sangka 5 Orang Kaya di Dunia Ini Ternyata Berasal dari Keluarga Miskin

Palingseru.com – Tak sedikit orang berpendapat bahwa orang kaya akan mudah mendapatkan pundi-pundi uang selama hidupnya. Namun lain halnya dengan orang miskin, dianggap lebih susah dan peluang untuk mempunyai kehidupan sejahtera pun lebih sedikit.

Apakah faktanya benar seperti itu?

Ternyata, faktanya salah besar. Mungkin memang benar seperti itu, namun tidak semua. Buktinya beberapa orang di bawah ini. Mereka dahulu berasal dari keluarga yang miskin. Namun siapa menyangka jika mereka sekarang menjadi miliarder, bahkan masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia.

Berikut Palingseru merangkumnya dalam 5 Orang Kaya di Dunia Yang Berasal Dari Keluarga Miskin, dikutip Merdeka.com.

5.Kenny Troutt

 

Kenny Troutt merupakan anak seorang bartender. Ia mengawali kariernya sebagai sales asuransi jiwa. Karena kondisi ekonominya yang memburuk, Troutt terpaksa berhenti kuliah. Dalam kondisi ini, Troutt sempat terpuruk dan putus asa, namun sampai akhirnya ia pun memutuskan untuk bangkit dan membangun hidup dengan membuka usaha.

Ia memanfaatkan hasil dari penjualan polis asuransi untuk membayar biaya kuliahnya di Universitas Southern Illinois.

Singkat cerita, Troutt mulai mendirikan sebuah perusahaan telekomunikasi bernama Excel Communication pada tahun 1988. Pada saat itu baru saja terjadi perubahan dalam regulasi perusahaan telekomunikasi di Amerika Serikat. Pada tahun 1996, Troutt akhirnya memutuskan untuk mengembangkan perusahaannya melalui sistem Multi Level Marketing (MLM).

Secara mengejutkan, terjual lebih dari 200.000 franchise perusahaan. Dalam waktu 8 tahun, Excell Communication  menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar keempat di AS. Perusahaannya bahkan menjadi perusahaan telekomunikasi termuda dengan angka pendapatan yang tinggi.

Dari situ, Troutt mendapatkan pundi-pundi uang yang tak terhitung jumlahnya. Pada 2015, kekayaan yang dimiliki Troutt diketahui mencapai USD 1,7 miliar.

4.Howard Schultz

Howard Schultz, CEO Starbucks yang sempat tumbuh dalam keluarga miskin. Ia bahkan pernah tinggal di Canarsie in The Bayview Projects, sebuah perumahan subsidi yang khusus diperuntukkan orang-orang miskin.

Ayahnya, Fred, hanyalah seorang veteran lulusan SMA yang menekuni profesi sebagai sopir truk.

Hingga suatu ketika, masa di mana keluarga Howard sedang tertimpa musibah yang di mana pada saat itu, tahun 1961, ayahnya terkena kecelakaan yang mengakibatkan kakinya cacat. Seketika itu kondisi ekonomi keluarga Howard langsung down.

Meski begitu, sang ibu tetap tidak menyampingkan pendidikan Howard dan kedua adiknya. Setelah berjuang, Howard akhirnya berhasil masuk ke Universitas Northern Michigan lewat beasiswa sepakbola. Setelah lulus, Howard langsung bekerja di perusahaan peralatan rumah tangga, Hammarplast.

Howard mulai menyadari bahwa ada perusahaan kopi di Seattle yang membeli banyak alat pemroses kopi dari Hammarplast. Dia kemudian mendatangi kedai kopi tersebut dan memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan kecil yang baru dikenalnya.

Awalnya, keputusan ini sempat ditentang oleh ibunya. Karena menurut sang ibu, usaha kopi tidak akan maju.

Namun takdir berkata lain, usaha yang ia rintis ini ternyata membuahkan hasil manis. Usaha kopinya ini bahkan sudah memiliki cabang lebih dari 1.300 yang tersebar di seluruh dunia.

Pada 2015, kekayaan Howard sebagai CEO Starbucks sebanyak USD 2 miliar/

3.Oprah Winfrey

Hidup di kondisi ekonomi kebawah adalah suatu yang biasa bagi Oprah Winfrey. Saat kecil, Oprah diasuh dan tinggal bersama neneknya. Karena kedua orangtuanya sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Sayangnya, saat itu sang nenek tercinta meninggal. Oprah pun akhirnya pindah ke Milwaukee untuk hidup bersama ibunya yang hanya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Masa kecil Oprah bisa dibilang tidak bahagia, karena ia selalu ditinggal sendirian di rumah sewaktu ibunya bekerja.

Penderitaannya tak cukup berhenti sampai di situ, suasana rumah sepi rupanya dimanfaatkan oleh saudara laki-laki ibu Oprah. Dia memperkosa Oprah hingga 4 tahun lamanya sampai akhirnya Oprah hamil pada usia 14 tahun.

Oprah pun kabur dari rumah dan melahirkan bayinya. Namun bayinya meninggal karena prematur. Kejadian ini akhirnya membuat Oprah dikirim untuk tinggal bersama ayahnya, Vernon Winfrey. Di sini penderitannya malah semakin bertambah. Sang ayah yang memiliki jiwa pendidik sangat tinggi membuatnya harus disiplin. Ia harus menghapal 5 kosa kata baru, membaca buku dan kemudian menuliskan ulasannya setiap hari.

Tapi siapa menyangka, di balik pola pendidikan yang terkesan mengekang ini justru memunculkan kemampuan Oprah yang terpendam. Mulai saat itu prestasi akademinya melonjak drastis. Oprah menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan lebih dalam public speaking, sehingga dia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan komunikasi di Universitas Negeri Tennesse.

Selepas lulus, Oprah diterima bekerja sebagai pembaca berita di sebuah stasiun TV lokal. Hingga akhirnya ia mampu membangun talkshow sendiri yang dikenal dengan nama ‘Oprah Winfrey Show’.

Presenter terkenal ini tercatat mempunyai kekayaan USD 2,9 miliar pada 2015 silam.

2.Kirk Kerkorian

Kirk Kerkorian, pemilik hotel sekaligus kasino di Las Vegas yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia pada 2015 dengan total kekayaan senilai USD 3,9 miliar.

Sama seperti miliarder sebelumnya, Kirk juga hidup dalam keluarga miskin dan memulai kariernya dari nol. Bahkan saking miskinnya, Kirk harus berhenti sekolah saat dia duduk di bangku kelas 2 SMP. Seketika itu pula, Kirk memutuskan untuk menjadi petinju lepas. Dia mulai bertarung dengan nama ring ‘Rifle Right Kerkorian’ dan kemudian memenangkan pertandingan tinju amatir tingkat Pasifik.

Namun di saat kariernya sebagai petinju sedang meroket, Perang Dunia malah mulai melanda Amerika. Hal ini membuatnya vakum dari dunia tinju dan memutuskan menjalani pelatihan pilot komersial Happy Bottom Ridding Club, Gurun Mojave.

Tapi lagi-lagi, ia terhambat karena minimnya uang. Dia akhirnya sepakat untuk membayarnya dengan merawat dan memerah susu sapi.

Setelah perang berakhir, Kirk lantas membelanjakan semua uangnya untuk membeli pesawat Cessna. Kirk kemudian melakukan penerbangan pertamanya ke Las Vegas.

Singkat cerita, pada tahun 1962, Kirk mendapat uang lebih dan uang itu ia investasikan ke dalam usahanya yang kini sudah berdiri tegak di Las Vegas.

1.Do Won Chang

Di peringkat pertama datang dari Do Won Chang. Yaitu pendiri Founder Forever 21 yang memiliki total kekayaan sebanyak USD 5,6 miliar pada 2015 silam.

Nasib beruntungnya berhasil ia dapatkan ketika ia berimigrasi ke Amerika. Saat itu usianya baru 18 tahun. Sesampainya di Amerika, Chang pun langsung menjajahi semua pekerjaan. Yang ada di pikirannya, yang penting ia bisa bertahan hidup.

Mulai dari mencuci piring, bekerja di kedai kopi hingga kerja di pom bensin, semua sudah dirasakannya. Hingga pada tahun 1984, Chang mulai merintis usaha dengan membuka toko pakaian di Los Angeles.

Dan ternyata, usaha ini membuat kehidupannya membaik. Padahal di awalnya datang ke Amerika hanya dengan berbekal mimpi dan semangat. Namun karena kegigihan dan kerja kerasnya, ia berhasil membalikkan takdirnya yang awalnya sebagai pria miskin kini menjadi pria terkaya di dunia.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu