10 Fakta Seputar Musik Dangdut yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui Sebelumnya

Palingseru.com – Banyak orang berpendapat bahwa musik dangdut adalah musik kampungan. Meski demikian, nyatanya musik dangdut banyak disukai pecinta musik Tanah Air. Bahkan dari sejak jaman dahulu. Dan ini bisa menjadi bukti bahwa musik dangdut sangat digemari.

Bukan hanya kalangan dewasa, anak-anak pun juga turut menggemari musik dangdut. Nah, bicara soal musik dangdut, ternyata musik yang berakar dari musik Melayu ini menyimpan fakta-fakta unik lho. Mau tahu apa saja?

Berikut informasinya yang dihimpun dari brilio.net, Senin (17/4/2017):

1.Musik asli Indonesia

Perlu diketahui, diantara semua jenis musik yang ada di Indonesia, hanya musik dangdut yang merupakan musik asli yang ciptakan sendiri oleh musisi tanah air. Dalam perkembangannya, dangdut mulai berkembang dari pengaruh beberapa musik asal negara lain seperti India dan Arab yang sangat khas dengan cengkokannya.

2.Musik sejuta umat

Dikatakan seperti itu karena sejatinya musik dangdut memang sudah sangat melekat di diri masyarakat Indonesia, mulai dari orang dewasa, anak-anak hingga lansia.

3.Ahli dangdut dari Amerika

Meski dikatakan sebagai ‘musik kampungan’, namun siapa menyangka jika ahli dangdut adalah orang luar negeri, tepatnya di Amerika. Dia adalah Professor Andrew Weintraub. Dia telah melakukan penelitian seluk beluk musik dangdut sejak tahun 1984 saat dia masih kuliah program sarjana.

Hasil karyanya tentang musik dangdut bisa kamu baca lewat bukunya yang berjudul “Dangdut, Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia.”

4.Disukai oleh orang luar negeri

Tampaknya pendapat miring yang menyebut bahwa musik dangdut itu sebagai musik kampungan tampaknya harus dihapus. Ini karena musik dangdut disukai oleh orang luar negeri. Salah satunya adalah Alina Salimgareeva.

Bule cantik asal Rusia ini mencoba kebolehannya di industri hiburan dengan membawa sebuah single berjudul ‘Pengen Kawin’.

5.Bikin sehat dan bikin hati senang

Seperti yang diketahui, bahwa musik dangdut sangat khas dengan goyangannya. Dan ternyata hal ini membawa dampak baik bagi kesehatan. Bukan hanya membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat, tetapi di sisi lain juga membuat hati senang.

6.Senjata pemanggil massa

Lantunan lagu, musik serta goyangan yang ada pada dangdut memang bisa menarik perhatian banyak orang. Maka nggak heran jika dangdut paling sering diambil ketika acara pernikahan ataupun syukuran. Terutama untuk acara yang berbau politik, musik ini dipercayai dapat menjadi senjata pemanggil mangsa.

7.Sudah jarang lagu asli

Seiring berjalannya waktu, lagu-lagu dangdut kini sudah banyak mengalami perubahan. Terutama pada lirik lagu yang tidak orisinil. Banyak yang menggunakan lagu pop yang dimusikkan dangdut dengan goyangan seronok. Jadi bisa dikatakan kalau saat ini yang lebih diutamakan adalah goyangan daripada irama indah seperti dulu.

8.Tak hanya di kerajaan, dangdut juga punya sosok raja dangdut

Kalau Amerika punya Raja Pop, maka kita juga punya Raja Dangdut. Siapa lagi kalau bukan Rhoma Irama. Ayah kandung dari Ridho Rhoma ini memang sangat populer di tahun 70-an melalui bandnya bernama Soneta. Bahkan lagu-lagunya masih eksis hingga sekarang. Ini memang pantas, karena lagu-lagu di dalamnya mengandung dakwah yang melarang untuk berzina, mengonsumsi obat terlarang dan minum-minuman beralkohol.

Tapi sayangnya,  pada Sabtu, 25 Maret 2017 lalu, putranya Ridho Rhoma ditangkap pihak kepolisian karena kedapatan memakai narkoba.

9.Punya goyangan dan notasi yang khas

Goyangan dengan penyanyi dangdut merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan dari musik dangdut. Karena bagaimana pun juga inilah ciri khas dari musik dangdut itu sendiri. Sayangnya, ciri khas ini malah sering menuai kritikan karena goyangan yang dibawakan para pedangdut saat ini dianggap berlebihan dan sedikit vulgar.

10.Musik dangdut akan didaftarkan ke UNESCO

Dan fakta terakhir ini mungkin akan sedikit mengejutkan kita. Ya, siapa menyangka jika musik dangdut akan terdaftar di UNESCO. Hal ini dilakukan guna mengindari dangdut diklaim oleh negara lain seperti yang sudah terjadi pada sebelumnya.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu