5 Tempat Wisata yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Berlibur ke Pontianak

Palingseru.com – Pontianak, kota yang terkenal dengan garis khatulistiwanya ini ternyata juga menyimpan sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik dengan kota-kota lain di Indonesia. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, hingga wisata budaya dan sejarah. Jika Anda sedang berlibur ke Pontianak bersama keluarga, berikut adalah 5 tempat wisata yang bisa dijadikan tujuan.

  1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang berlokasi di Kecamatan Tujuhbelas, sekitar 17 kilometer dari Singkawang. Saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhkan hamparan pasir putih yang halus, air laut yang jernih, serta deretan pohon kelapa yang berjejer rapi di pinggir pantai.

(sumber : blog.airyrooms.com)

Untuk masuk ke pantai ini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang. Selain bisa menikmati pemandangan pantainya yang cantik, Anda pun juga bisa melakukan banyak kegiatan di pantai ini. Mulai dari berenang, memancing, berselancar, bermain voli pantai, dan masih banyak lagi lainnya. Seru, bukan?

  1. Rumah Betang Radak

Rumah Betang Radak merupakan sebuah replika rumah adat Suku Dayak yang dibangun oleh pemerintah kota di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak. Tempat wisata andalan Kota Pontianak initercatat sebagai rumah terpanjang di Indonesia, karena memiliki panjang 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter.

(sumber : skyscrapercity.com)

Rumah ini dibuat dari kayu ulin dengan hiasan ukiran dan lukisan khas Suku Dayak di sekelilingnya. Di bagian dalam, terdapat 3 bagian yaitu teras, ruang tidur, serta ruang selasar yang digunakan untuk tempat berkumpul seluruh anggota keluarga.

  1. Sinka Island Park

Sinka Island Park merupakan sebuah tempat rekreasi terpadu yang berada di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati keindahan pantai, berenang di kolam renang, hingga melihat koleksi satwa di kebun binatang.

Di Sinka Zoo, terdapat sekitar 200 ekor binatang yang terdiri dari 62 spesies. Untuk masuk ke kebun binatang mini ini, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000,00.

(sumber : wisatadirektori.com)

Jika ingin menikmati panorama pantai, Anda bisa ke Pantai Banjau yang berlokasi tak jauh dari Sinka Zoo. Untuk masuk ke Pantai Banjau, biaya masuknya adalah Rp20.000,00 per orang. Sayangnya, pantai ini memiliki karakteristik berbatu sehingga tidak cocok untuk berenang. Jika ingin berenang, Anda bisa ke wahana kolam renang yang disediakan pihak pengelola Sinka Park Island.

  1. Taman Alun-alun Kapuas

(sumber : wisatapontianak.com)

Taman yang berlokasi di tepi Sungai Kapuas ini sangat tepat dikunjungi saat sore dan malam hari. Di sini, Anda bisa duduk-duduk santai bersama keluarga, mencicipianeka kuliner khas Pontianak yang dijajakan di sekitar taman, ataupunsekadar menikmati pemandangan Sungai Kapuas dengan perahu-perahu yang melintasinya.

  1. Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak. Museum ini terbagi menjadi beberapa zona dengan koleksi yang berbeda. Ada zona artefak temuan di Kalimantan Barat, kerajinan seni dan budaya Suku Dayak, koleksi benda kerajaan, hingga koleksi keramik dari Cina.

(sumber : kotamini.com)

Museum ini buka setiap hari Selasa sampai Kamis mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Sementara, untuk hari Jumat sampai Minggu, jam buka museum ini mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Untuk masuk ke dalam, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000,00 per orang. Cukup murah, bukan?

 

Nah, itulah 5 tempat wisata yang bisa Anda jadikan tujuan saat berlibur ke Pontianak bersama keluarga. Jika mencari hotel murah di Pontianak untuk tempat beristirahat, Anda pun tidak perlu bingung karena AiryRooms memiliki banyak pilihan kamar hotel yang nyaman dan ramah di kantong.

AiryRooms merupakan jaringan hotel terbesar yang sudah memiliki banyak cabang di berbagai kota, termasuk Pontianak. Anda tidak perlu ragu untuk menginap di jaringan hotel AiryRooms karena setiap kamarnya memiliki 7 jaminan fasilitas yang siap memberikan pengalaman menginap terbaik bagi Anda. Sebut saja AC, TV layar datar, kamar tidur bersih, Wi-Fi, perlengkapan mandi, shower air hangat, serta air minum gratis.

Pemesanannya pun praktis dan mudah. Bisa melalui websitewww.airyrooms.com atau aplikasi AiryRooms di Android dan IOS, dengan pilihan pembayaran melalui kartu kredit atau transfer.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu