5 Cara Sederhana Mencegah Kanker Serviks


Kanker ServiksPalingseru.com – Kanker  Serviks merupakan penyakit kanker yang menyerang leher rahim yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Penyakit kanker serviks merupakan penyakit yang paling menakutkan bagi wanita sebab kanker serviks merupakan kanker yang sangat cepat dalam penyebaran sel kanker. Kanker Serviks sendiri merupakan penyakit paling membunuh wanita di indonesia menurut data WHO Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah kasus kanker serviks tertinggi di dunia. Nah bagi kamu yang tidak ingin mengidap penyakit kanker serviks alangkah baiknya kamu melakukan pencegahan. Nah berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah kanker serviks.

1. Pemeriksaan rutin

Sejak 50 tahun ke belakang pap smearsudah mengurangi kematian yang berhubungan dengan kanker leher rahim sampai 70%. Sebaiknya Pap Smear dilakukan tiga tahun setelah memulai aktivitas seksual atau setelah memasuki usia 21. Dan pemeriksaan ini seharusnya dilakukan lagi tiap tahun.

Wanita yang berusia lebih dari 30 tahun dan hanya memiliki satu partner seks dapat melakukan pemeriksaan rutin tiap tiga tahun saja, apabila sebelumnya sudah rutin melakukan pemeriksaan dan hasilnya negatif.

2. Vaksinasi HPV

Vaksinasi ini sebaiknya dilakukan sebelum wanita aktif secara seksual. Dan sudah dapat dilakukan sejak usia sembilan tahun.

3. Mengurangi jumlah partner seks

Menurut statistik, semakin banyak seorang wanita memiliki partner seks, maka semakin besar pula kemungkinan tertular virus ini. Mungkin kondom dapat membantu, namun dia tidak sempurna untuk memblokir transmisi HPV.

4. Tunda kegiatan seksual

Menunda waktu menjadi seorang wanita yang aktif secara seksual. Semakin muda seorang wanita memulai hubungan seks, semakin besar kemungkinan perkembangan kanker ini di kemudian hari.

5. Gaya hidup sehat

Melakukan gaya hidup yang sehat dengan memakan makanan yang sehat serta olahraga secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu terhadab beberapa penyakit

baca juga: Oral Seks, Kenikmatan yang Berujung Kematian

7 Kanker yang Dapat Dicegah Dengan Olahraga

More From: Sehat