Jangan Langsung Dibuang, Warna Kotoran Telinga Ternyata Bisa Mengetahui Kondisi Kesehatan Kamu

Palingseru.com – Membersihkan telinga memang sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan manusia sejak dulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penumpukan lilin atau kotoran di dalam telinga.

Tapi, ada satu kebiasaan lagi yang tak pernah kita tinggali saat membersihkan telinga. Yaitu membuang kapas pembersih telinga atau cutton bud.

Kebiasaan membuang cutton bud setelah membersihkan telinga ini rupanya tidak benar. Sebab, di cutton bud itu memiliki peran penting dalam mendeteksi apakah kotoran telinga kita masih dalam batas normal atau tidak.

Adapun beberapa warna kotoran telinga serta artinya bagi kesehatan, seperti dikutip TribunPalembang.com :

1.Kering, putih dan terkelupas

Jika kamu memiliki kotoran seperti ini, maka akan lega. Karena ini adalah jenis kotoran telinga yang normal.

2.Abu-abu

Mungkin ini cukup jarang, tapi warna ini juga menunjukkan bahwa kotoran telinga kamu dalam kondisi normal. Warna abu-abu ini sendiri biasanya hanya hasil proses pembersihan alami telinga.

3.Kuning pucat

Warna ini biasanya sering ada pada telinga anak-anak. Tapi para orangtua tak perlu khawatir, karena ini bukan suatu pertanda yang buruk.

4.Kuning, basah dan bau

Warna ini adalah yang paling umum untuk orang dewasa. Meski tanda ini cukup menjijikan, namun tekstur basah dan lengket ini dapat membantu menjaga saluran telinga agar tidak mongering dan gatal.

5.Bau tidak sedap dan berwarna gelap

Jika kotoran telinga kamu baunya semakin menyengat, maka segeralah untuk meminta bantuan dokter THT untuk membersihkannya.

6.Gelap dan tebal

Tidak perlu khawatir jika memiliki kotoran seperti ini. Kamu hanya perlu membersihkannya secara teratur untuk menghindari masalah. Kondisi ini sendiri disebabkan oleh kecemasan, berkeringat, dan juga stres.

7.Hitam atau cokelat tua

Warna ini memang terlihat sangat menyeramkan, tapi kamu tidak perlu takut. Warna gelap ini adalah hasil dari kelebihan produksi kotoran. Bisa juga warna gelap ini disebabkan kotoran tersebut berada di telinga terlalu lama.

8.Basah dan berair

Ini hanya bagian dari proses pembersihan alami. Tapi waspadai jika kondisi ini disertai darah atau nanah. Jika terjadi, maka kamu harus segera meminta bantuan tim medis.

9.Kotoran berdarah

Kotoran telinga yang berdarah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, bisa dari cara kamu membersihkan telinga yang salah, atau juga gendang telinga berlubang. Untuk memastikannya, sebaiknya kamu memeriksakan ke dokter THT.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu