6 Fakta Tentang Api Neraka ini Membuat Orang yang Mengetahuinya Jadi Ingin Cepat Taubat

Palingseru.com – Dalam ajaran agama Islam, istilah neraka sama sekali bukan hal yang asing lagi. Kebanyakan dari kita pasti sudah sering membacanya di kitab suci Al-Qur’an, atau mendengarnya dari para ulama atau ustadz saat khutbah.

Neraka sendiri hanya diperuntukkan orang-orang yang selama hidupnya melakukan keburukan dan maksiat.

Namun anehnya, meski dikatakan bila neraka itu adalah tempat yang paling mengerikan di akhirat, namun nyatanya masih saja manusia di muka Bumi ini melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang dan dibenci Allah SWT.

Padahal neraka itu sunggulah nyata dan lebih mengerikan dari yang pernah kita bayangkan.

Hal ini dibuktikan dari keenam fakta tentang api neraka yang dihimpun dari KabarMakkah.com. Berikut uraiannya :

1.Panas Api Neraka 70 Kali Api Dunia

Dalam hadist dari Abu Hurairah dimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda,

“Api yang biasa kalian nyalakan merupakan sebagian dari tujuh puluh bagian panasnya neraka jahanam.”

“Ya Rasulullah, demi Allah sungguh api dunia ini benar-benar cukup panas,” ucap para sahabat.

Nabi Muhammad bersabda, “Tetapi sungguh api neraka jahanam enam puluh sembilan kali lebih panas dibandingkan api dunia, yang masing-masing bagian sama panasnya dengan api di dunia.” (HR Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)

2.Panas Api Neraka Mengakibatkan Hitam dan Gelap

Kita mungkin selalu melihat api di dunia berwarna merah terang, namun tidak halnya dengan di neraka. Api di nereka bisa berwarna hitam dan gelap karena saking begitu panasnya.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, yang bunyinya “Neraka dinyalakan selama seribu tahun hingga tampak merah. Lalu dinyalakan lagi selama seribu tahun sampai kelihatan putih. Kemudian dinyalakan selama seribu tahun sehingga terlihat hitam. Hingga sekarang neraka itu hitam dan gelap.” (HR Tirmidzi)

3.Ketinggian Api Nerakan Mencapai 40 Tahun Perjalanan

Satu lagi fakta api neraka yang membuat kamu akan segera bertaubat, ialah ketinggian api yang mencapai 40 tahun perjalanan.

Abu Sa’id Radhiyallahu ‘Anhu berkata, Rasulullah bersabda, “Sungguh tinggi gejolak api itu empat buah tembok yang tebal-tebal. Tinggi masing-masing tembok sepert perjalanan empat puluh tahun.” (HR Tirmidzi)

4.Terdapat Bukit di Api Neraka

Bukit yang dimaksud bukanlah bukit yang penuh kesejukan dan keindahan layaknya bukit di dunia. Ini justru menjadi akhir yang lebih mengerikan. Bukit api neraka itu bernama Ash Shu-uud, dan hanya akan ditempati oleh para orang kafir.

Sebagaimana Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda, “Ash Shu-uud adalah sebuah bukit api. Orang kafir menaikinya selama tujuh puluh tahun, kemudian ia terjatuh dari atasnya (lalu naik lagi ke atas dan terjatuh lagi) demikian seterusnya.” (HR. Tirmidzi)

5.Bentuk Api Neraka Yang Hidup

Rasulullah bersabda yang bunyinya, “Pada hari kiamat kelak akan muncul dari neraka api yang berbentuk leher. Ia memiliki dua mata yang dapat berbicara. Ia katakan, “Aku ditugaskan mengambil tiga macam orang, yaitu orang yang berlaku sewenang-wenang dan keras kepala, orang yang menyembah Tuhan lain disamping Allah, dan orang yang membuat patung-patung.” (HR. Tirmidzi)

6.Uap Panas Neraka Berhembus Hingga Ke Dunia

Cuaca panas yang kerap kali melanda dunia ternyata adalah kiriman dari neraka. Uap panas di neraka akan berhembus hingga ke dunia.

Keterangan ini terdapat dalam hadist riwayat lima ahli hadist, Rasulullah bersabda, “Neraka mengadu kepada Tuhannya. Ia berkata ‘Wahai Tuhanku, sebagian dariku memakan (membakar) sebagian yang lain.’ Maka Allah Ta’ala mengizinkan neraka untuk mengeluarkan uapnya sebanyak dua kali yakni pada musim dingin dan sekali pada musim panas. Uap tersebut adalah rasa panas yang sangat kalian rasakan (pada musim panas) dan rasa dingin yang paling menggigit yang kalian rasakan (pada musim dingin.” (HR Lima Ahli Hadist)

Jika uap panas yang biasa kita rasakan saja sudah membuat kita tidak tahan, lantas bagaimana dengan api sungguhan yang ada di neraka. Tidakkah kita takut akan hal tersebut? Semoga kita bukan termasuk dalam golongan-golongan orang yang kafir.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu