Telegram di Blokir di Indonesia, Berikut 3 Faktanya!

Palingseru.com – Pada Jumat (14/7/2017) kemarin, Pemerintah Indonesia resmi memblokir layanan percakapan instan Telegram.

Keputusan memblokir Telegram yang dinilai mendadak ini tentu saja menimbulkan sejumlah pertanyaan di benak publik.

“Kenapa memblokir Telegram, dan apa alasannya?”

Hal ini tentu saja sudah diperhitungkan oleh pemerintah. Dan adapun faktanya, berikut informasinya dihimpun dari TribunWow.com, Sabtu (15/7):

1.Masih bisa digunakan

Meski pemerintah telah memblokir Telegram secara resmi, namun nyatanya aplikasi ini masih dapat diakses.

Akan tetapi, Telegram tidak bisa diakses melalui koneksi internet sejumlah operator.

Tercatat XL Axiata dan Telkom telah melakukan pemblokiran web Telegram.

2.Alasan pemerintah blokir Telegram

Fakta kedua ini setidaknya bisa menjawab pertanyaan publik terkait pemblokiran Telegram.

Dijelaskan oleh Dirjen Aplikasi dan Kemenkominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika), Semuel Abrijani Pangerapan, alasan memblokir layanan chatting Telegram di Indonesia adalah karena adanya konten bermuatan radikalisme dan terorisme.

“Pemblokiran ini harus dilakukan karena banyak sekali kanal yang ada di layanan tersebut bermuatan propaganda radikalisme, terorisme, paham kebencian, ajakan atau cara merakit bom, cara melakukan penyerangan, disturbing images, dan lain-lain yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia,” ungkapnya.

Pemblokiran ini nantinya juga akan diberlakukan pada 11 domain nama system (DNS) Telegram.

“Saat ini kami juga sedang menyiapkan proses penutupan aplikasi Telegram secara menyeluruh di Indonesia apabila Telegram tidak menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP) penanganan konten-konten yang melanggar hukum dalam aplikasi mereka. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” Semuel menambahkan.

3.Respon CEO Telegram

Keputusan pemerintah memblokir Telegram tak hanya mengejutkan publik, namun CEO sekaligus pendiri Telegram, Pavel Durov.

Dalam kicauan di Twitternya, dia bahkan mengaku heran dan tidak tahu menahu soal keputusan ini, sebelum akhirnya diberitahukan oleh seorang netizen bernama @auliafaizahr.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu