5 Mitos Tentang Gerhana Bulan ini Bikin Merinding, Ibu Hamil Perlu Waspada!

Palingseru.com – Tak dipungkiri, meski jaman sudah semakin modern namun masih ada sebagian manusia di muka Bumi ini yang mengait-ngaitkan fenomena alam dengan mitos. Salah satunya adalah fenomena Gerhana Bulan. Tak sedikit mitos tentang gerhana bulan yang beredar dan berkembang sampai sekarang.

Seperti yang diketahui, pada Senin malam (7/8/2017) telah terjadi fenomena astronomi langka.

Munculnya Gerhana Bulan ini pun langsung menimbulkan beberapa mitos dari berbagai budaya di seluruh dunia. Melansir TribunStyle.com, berikut diantaranya:

1.Bulan Vs. Matahari

via: tribunnews.com

Mitos pertama datang dari Negeri Benua Hitam, yakni Afrika. Di sana, fenomena gerhana bulan disebutkan terjadi karena adanya pertempuran antara bulan dan matahari, dan orang-orang mendorong mereka untuk berhenti.

2.Kemunculan Naga

via: tribunnews.com

Mitos yang satu ini mungkin sudah tidak begitu asing di telinga kita. Mitos ini tak lain berasal dari Tiongkok, China.

Dalam mitos, seekor naga raksasa tengah menelan bulan pada saat gerhana. Untuk menakuti-nakuti sang naga, orang dewasa akan membunyikan petasan.

3.Serangan terhadap Raja di Bumi

via: tribunnews.com

Lain halnya dengan kedua negara di atas, orang-orang Mesopotamia justru memandang gerhana sebagai serangan terhadap raja mereka.

Dan untuk mengatasinya, mereka pun mempunyai ritual khusus.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh E.C. Krupp, direktur Observatorium Griffith di Los Angeles, California.

“Untuk mengantisipasi gerhana, mereka akan memasang seorang raja pengganti yang akan menanggung risiko serangan apa pun.”

“Dia akan diperlakukan dengan baik layaknya raja. Sementara itu, raja yang sebenarnya berpura-pura menjadi seorang warga biasa.”

“Begitu gerhana bulan itu usai, pengganti raja biasanya lenyap (dibunuh atau diracun) begitu saja.”

4.Bulan dimakan Batara Kala

via: tribunnews.com

Kali ini justru datang dari dalam negeri kita, tepatnya di Bali. Orang-orang percaya bahwa matahari atau bulan tengah dimakan raksasa yang tengah marah, pada saat gerhana.

Oleh karena itu, gerhana selalu disimbolkan sebagai datangnya Batara Kala.

Dan jika masa ini datang, maka semua warga akan menabuh lumping (tempat penumbuk dari besi) dengan harapan suara tersebut menakuti Batara Kala.

5.Orang Hamil harus waspada!

via: tribunnews.com

Dari sekian banyaknya mitos yang bermunculan, mitos ini bisa dibilang paling mengerikan. Khususnya bagi para wanita hamil. Konon, wanita hamil diharuskan berada di dalam rumah selama gerhana berlangsung.

Jika tidak, maka bayi yang dilahirkan akan mengalami cacat fisik seperti mata buta dan bibir sumbing.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu