Hati Hati Jika Kamu Sering Posting Foto Seperti Ini Bisa jadi Kamu Sedang Mengalami Penyakit Ini. Gak Boleh Diabaikan Bahaya


Palingseru.com – Para ilmuwan mengungkapkan fakta mengejutkan dari sisi para pengguna media sosial khususnya Instagram, yang sering memposting gambar yang lebih biru, lebih gelap dan menunjukkan lebih sedikit wajah.

Dalam laporannya yang diterbitkan pada 8 Agustus di Jurnal EPJ Data Science, para ilmuwan mengatakan bahwa orang tipikal seperti itu adalah orang yang mengalami depresi. Hasil ini didapat setelah menganalisis lebih dari 40.000 foto Instagram dari 166 responden.

Dalam analisis tersebut, sekitar setengah dari peserta yang dinyatakan mengalami depresi klinis dalam tiga tahun terakhir.

“Ini bisa menjadi metode baru untuk mengetahui gejala depresi dan penyakit mental lainnya secara dini,” kata penulis studi Chris Danforth dalam laporannya, seperti dikutip TribunnewsBogor.com, Rabu (16/8).

“Penelitian ini memang belum masuk ke tes diagnostik, juga tidak dilakukan dalam jangka panjang. Tapi ini bisa jadi cara baru untuk membantu seseorang,” sambungnya.

Sementara itu, Joe Taravella, PhD dan psikolog klinis menuturkan, jika penelitian ini sangat bermanfaat dalam membantu mendeteksi penyakit kejiwaan di masa mendatang.

“Pasien umumnya merasa malu dan menghindari perbincangan soal kesehatan mental mereka saat bertemu dengan dokter. Namun di hadapan komputer, mereka barangkali lebih merasa nyaman,” ujarnya.

“Kita barangkali perlu mengubah pemeriksaan dengan menghadirkan cara yang lebih nyaman agar pasien bisa bicara lebih terbuka dan jujur.”


Like it? Share with your friends!