Fakta Penting Ini Malah Sengaja Gak Ditayangkan di Film G30S/PKI

Palingseru.com – Rencana terkait pemutaran dan pembuatan ulang film sejarah Penumpasan Pemberontakan G30S/PKI kembali menuai kontra. Banyak pihak yang tidak menginginkan adanya penayangan film tersebut, dengan alasan takut merusak atau meracuni pemikiran para generasi muda.

Kendati demikian, banyak juga pihak yang pro alias mendukung pembuatan ulang film tersebut. Salah satunya adalah Ketua Umum PP Muhammadiyah, Profesor Din Syamsuddin.

Menurutnya, sangat wajar untuk kembali memutar film G30S/PKI, sebagai bentuk penyadaran bangsa Indonesia, khususnya untuk generasi muda.

“Saya kira sangat wajar dan penting pemutaran film G30S/PKI ini agar bangsa ini tidak melupakan sejarah,” ungkap Din Syamsuddin ketika ditemui di tengah pembukaan Muhammadiyah Education Awards di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dome, Malang, Sabtu (23/9). Demikian dikutip SuratKabar.id.

Meski Din sangat mendukung pemutaran film tersebut, tapi dia juga menyayangkan beberapa hal. Satu di antaranya adalah terkait fakta sejarah yang belum diungkapkan atau sengaja disembunyikan dalam film tersebut.

Yaitu di mana peran besar para kiai dan ulama dalam memerangi PKI, hingga peran Soeharto yang dianggap berlebihan. Menurutnya semua itu merupakan bagian dari fakta sejarah yang tak boleh ditutup-tutupi.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu