10 Tumbuhan Liar yang Dapat Di Makan


Tumbuhan liar biasanya hanya bisa menyusahkan tidak memiliki manfaat sama sekali namun tidak dengan 10 jenis tumbuhan liar ini tumbuhan liar ini ternyataa dapat di konsumsi manusia mau tahu tumbuhan apa aja itu simak tulisan berikut ini.
1.Thistles
10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Tanaman berbunga ini tumbuh di alam liar di lapangan terbuka di seluruh Eropa. Dibedakan oleh daun runcing, tanaman ini dapat berfungsi sebagai potherb lezat. Hanya dengan memotong ujung daun yang tajam, mengupas kulit akar, lalu gunakan air garam mendidih untuk memasak tanaman.

2. Mushrooms (Jamur)

 

10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Sebelum Anda mulai mengumpulkan jamur liar, identifikasi terlebih dahulu spesies jamur  beracun yang tumbuh di daerah Anda. Meskipun sebagian besar spesies jamur dapat dimakan, lebih baik memilih “jalur” aman. Juga, jangan pernah makan mentah-mentah tanaman ini dan jauhi jamur yang telah rusak oleh serangga.

3. Selada Air

 

10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Potherb abadi ini biasanya tumbuh di dekat badan air, jadi pastikan sumber air bersih sebelum mengkonsumsi tumbuhan ini. Hal yang harus Anda lakukan sebelum mengkonsumsi tanaman ini secara langsung yaitu potonglah batangnya lalu bilas dengan air dingin.

4.Common Chickweed

 

10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Tanaman tahunan ini menghasilkan bunga yang berbeda, berbentuk bintang. Daun dan batang tumbuhan ini dapat dimakan langsung. Tumbuhan ini biasanya dianggap sebagai gulma yang menjengkelkan. Tumbuhan ini mengandung banyak zat potasium dan kalsium.

5. Padi Liar

 

10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Rumput tinggi ini berkembang dalam koloni besar di tepian sungai dan dapat dengan mudah dipetik dan diangkut dengan bantuan sebuah kano atau perahu kecil. Mirip dengan buluh pada padi biasa, nasi merupakan sumber protein, semua bagian dari tanaman ini dapat dimakan.

6.Clover

 

10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Genus kosmopolitan ini mudah ditemukan di padang gurun, bijinya bisa dimakan, dan kepala bunga kering dapat digunakan untuk menyeduh teh. Anda dapat memakan daunnya secara mentah-mentah, hanya dengan membenamkan daunnya kedalam air garam untuk membantu proses pencernaan.

7.Burdock

 

10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Onak dua tahunan ini tumbuh subur di padang rumput terbuka dan kebun, tetapi mereka bukan merupakan gulma yagn tak berguna, Anda dapat mengupas tangkai daun dan memakannya mentah-mentah, selain itu, akar tanaman ini pun dapat dimakan. Berhati-hatilah agar jangan salah dalam membedakan tanaman ini dengan tanaman Belladonna yang beracun.

8.Dandelions

 

10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Gulma berbunga ini berjalan merajalela di seluruh negeri, seluruh bagian tanaman ini dapat dimakan.

9.Milkweed

10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Milkweed bisa dimakan tetapi dapat berpotensi mengandung glikosida jantung yang beracun. Jadi, sangatlah penting untuk mempersiapkan tanaman liar ini dengan hati-hati sebelum dikonsumsi. Cara mempersiapkan tanaman ini cukup mudah, pertama, rendam seluruh tanaman dalam air dan gosok tunasnya dengan kain, kemudian Anda dapat merebus mereka. Benih polong juga dapat dimakan.

10.Cattails

 

10 Tumbuhan Liar Yang Dapat Di Makan

Onokotil tinggi ini berkembang di dalam atau di dekat badan air. Kupas lapisan luar untuk melihat tunas inti yang berwarna putih, gunakan air bersih untuk membilas mereka dan makan tunas tender ini mentah atau dimasak. Tinggi kandungan pati. Akar tanaman ini juga dapat dimakan.

Source


Like it? Share with your friends!