8 Perawatan Medis Zaman Dahulu ini Nggak Biasa Banget! Ngeri Banget Untuk Dilihat

Palingseru.com – Hidup di jaman sekarang tentu membuat kita merasa bersyukur sekali. Bagaimana tidak, di era modern seperti sekarang ini, kita begitu dimudahkan dengan beragam teknologi canggih.

Pun demikian dengan urusan pengobatan atau perawatan kesehatan yang kini jauh lebih canggih.

Coba deh bayangkan kalau kamu berada di jaman dulu dengan perawatan medis yang bikin merinding, seperti 8 perawatan medis berikut ini yang dihimpun dari TribunStyle.com. Berikut ulasannya:

1.Sakit Gigi

Jaman sekarang, sakit gigi sudah bisa dinetralisirkan dengan obatan-obatan yang tersedia di apotek. Namun lain halnya dengan di jaman dahulu. Orang-orang dulu mungkin merasa lebih baik menahan sakitnya dibandingkan harus pergi berobat.

Pasalnya, metode pengobatan sakit gigi di zaman dahulu menggunakan cara dengan membakar lemak kambing lalu dimasukkan ke dalam mulut. Duh!

via: tribunnews.com

2.Melahirkan Anak

Dalam lukisan dan ukiran para wanita di zaman dahulu terlihat para wanita melahirkan anaknya dengan cara berjongkok maupun berdiri.

via: tribunnews.com

3.Anestasi menggunakan tanaman juniper dan mandrake

Operasi ternyata sudah ada sejak nenek moyang kita dulu. Hanya saja metode yang diterapkan sangat berbeda. Untuk penahan rasa sakit sendiri, orang dahulu memanfaatkan tanaman sekitar seperti juniper, ganja, akonit dan ekstrak buah mandrake.

via: tribunnews.com

4.Penyakit kronis dirawat dengan cara berolahraga dan air suci

Pasa masa Hippocrates (460-370 SM), mereka percaya bahwa epilepsi disebabkan oleh kehendak Tuhan. Di abad pertengahan, orang yang memiliki epilepsi dipercaya dirasuki oleh iblis.

Untuk itulah orang zaman dahulu memberikan air suci. Selain itu, orang penderita epilepsi juga diminta berolahraga dan menggunakan jamu-jamuan.

via: tribunnews.com

5.Mengeluarkan Darah

Sadis memang metode pengobatan yang digunakan kali ini. Disebutkan dalam dokumen, metode ini sempat populer di India, Arab, Mesir dan Yunani Kuno.

Metode ini dipilih karena mereka percaya bahwa darah orang yang sakit membawa wabah, yang harus dikeluarkan untuk menyembuhkannya.

via: tribunnews.com

6.Menggunakan ular berbisa dan tanaman beracun

Sebelum adanya obat-obatan, orang-orang zaman dulu menggunakan tanaman beracun dan racun ular berbisa ke dalam obat mereka.

Sayangnya, tidak ada laporan resmi yang menjelaskan bagaimana efek kelanjutan setelah pasien meminum ramu-ramuan tersebut.

via: tribunnews.com

7.Trephinasi

Bukan menggunakan obat, ramuan atau lain sebagainya, orang zaman dulu justru mengobati sakit kepala dengan cara yang sangat ekstrem.

Yaitu melubangi kepala.

via: tribunnews.com

Metode ini diklaim para dokter ampuh dalam menyembuhkan rasa sakit di bagian kepala. Dan lagi-lagi, tidak laporan resmi mengenai pengobatan ini.

via: tribunnews.com

8.Memasukkan asap rokok ke dalam anus

Suku Indian di Amerika Serikat memiliki cara unik dalam menyembuhkan masalah pencernaan, kram perut dan parasit di perut.

Yaitu dengan memasukkan asap rokok ke dalam tubuh melewati anus.

via: tribunnews.com

Namun, pada abad 19, dokter menemukan adanya kandungan nikotin pada rokok dan akhirnya metoda ini ditinggalkan.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu