Ini nih 10 Fakta Luar Biasa Paus Sperma, Salah Satunya Kenapa Muntahannya Begitu Mahal!

Palingseru.com – Laut merupakan habitat bagi segala macam jenis biota. Ada beragam spesies yang bisa ditemukan, mulai dari yang berbentuk unik, cantik hingga mengerikan sekali pun. Tak terkecuali makhluk-makhluk berbobot besar, seperti halnya paus sperma atau bernama latin physeter macrocephalus.

Paus ini diklaim hewan yang mencakupi semua spesies paus, lumba-lumba dan ikan pari. Tak heran bila tubuhnya sangat besar. Adapun kesepuluh fakta dari hewan ini yang harus kamu ketahui. Berikut ulasannya, dilansir dari today.line.me.

1.Paus sperma adalah salah satu mamalia laut penyelam terdalam di dunia, dengan mencapai kedalaman lebih dari 9.500 kaki atau 2,9 kilometer.

2.Makanan menjadi penyebab dibalik bobotnya yang super besar. Paus sperma diketahui memakan cumi-cumi raksasa, yang dikenal mampu tumbuh lebih dari 40 kaki atau 12 meter panjangnya.

3.Karena paus sperma sering berburu makanan di perairan gelap, echolocation memungkinkan mereka untuk mempertahankan kesadaran menyeluruh seputar lingkungan mereka dengan menggunakan suara.

4.Beberapa orang percaya bahwa paus sperma adalah satu-satunya ikan paus dengan tenggorokan yang cukup besar untuk menelan manusia. Namun sejauh ini, paus sperma jarang menyerang manusia apalagi sampai memakannya.

5.Lubang semburan yang terdapat di atas punaknya berperan penting untuk bernafas.

6.Otak paus sperma lebih dari 5 kali berat otak manusia.

7.Satu-satunya predator alami yang diketahui pada paus sperma adalah paus pembunuh. Meski serangan ini jarang teramati di alam bebas.

8.Paus sperma bisa memproduksi ambergris (muntahan paus) berupa cairan putih seperti sperma manusia, yang pada mulanya tercipta nama paus sperma. Muntahan paus ini diketahui memiliki nilai jual tinggi, oleh karena itu hewan ini hampir punah karena sempat diburu secara liar oleh orang zaman dahulu.

9.Selama menyelam di kedalaman, paus sperma dapat menahan napas hingga 90 menit lamanya.

10.Mamalia laut ini menghirup atau menghembuskan air dari lubang semburnya rata-rata 3-7 kali per menit, tergantung seberapa aktifnya mereka.

Nah, demikianlah beberapa fakta dari paus sperma. Semoga paus yang termasuk dalam kategori hewan purba ini tidak akan menjadi sasaran keserakahan manusia yang dibutakan oleh uang, sehingga paus ini tidak menjadi hewan langka.

Kita sebagai masyarakat Indonesia, yang lautnya memiliki hewan ini seharusnya bangga dan turut menjaga aset negara tersebut.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu