6 Kebiasaan Jaman Old ini Untungnya Udah Gak digunakan Lagi Sekarang!

   

Palingseru.com – Setelah mencuat perihal istilah jaman now, kini tiba gilirannya jaman old. Meski kelakuan atau fenomena yang terjadi di zaman dahulu tak semiris zaman sekarang, namun siapa menyangka kalau dulu ada banyak kebiasaan-kebiasaan yang bikin kita merinding.

Seperti memanfaatkan kotoran hewan sebagai obat, hingga yang terparah mengebor lubang di kepala dengan alasan yang tidak masuk akal.

Semuanya terangkum dalam 6 Kebiasaan Jaman Old yang Sangat Tidak Lazim, dihimpun dari Liputan6.com.

1.Kotoran Hewan Digunakan Sebagai Obat

via: liputan6.com

Yang namanya kotoran tentu saja mengandung banyak bakteri, dan jika tersentuh kulit manusia apalagi sampai digunakan untuk pengobatan tentu saja menimbulkan dampak fatal. Ya, setidaknya sudah ada ratusan bahkan ribuan kasus infeksi yang diderita orang-orang zaman dulu.

2.Menjual Anak Laki-laki untuk Dijadikan Budak

via: liputan6.com

Bukan hanya anak perempuan, anak laki-laki pun tak luput dari eksploitasi. Mereka akan dijual oleh ayahnya ke dalam perbudakan. Namun, jika orang yang membeli “budak” itu tidak lagi membutuhkannya, maka anak tersebut bisa kembali ke rumah ayahnya.

Meski hal ini diperbolehkan, namun batasan tetap ada. Setidaknya kepala keluarga hanya bisa melakukan ini sebanyak 3 kali.

3.Mewarnai Rambut dengan Belerang

via: liputan6.com

Kebiasaan mewarnai rambut sebenarnya telah ada sejak zaman kuno. Hanya saja bahan yang mereka gunakan terbilang ekstrem. Orang Yunani dan Romawi menggunakan pewarna rambut permanen yang terdiri dari berbagai bahan kimia termasuk belerang.

Sementara orang Italia mewarnai rambut mereka dengan larutan korosif.

4.Mencukur Alis Jika Ada Kucing Meninggal

via: liputan6.com

Ini merupakan kebiasaan tak lazim yang dianuti oleh orang Mesir Kuno. Bagi mereka, kucing itu suci, dan siapapun yang melukai mereka akan dijatuhi hukuman mereka. Dengan derajat yang tinggi itu pula, kucing disembah bak raja.

Ketika mereka mati, orang-orang Mesir Kuno pun akan mencukur alis mereka sebagai bentuk ketaatan mereka.

5.WC Umum di Roma Kuno

via: liputan6.com

Sama seperti zaman sekarang, privasi orang-orang zaman dulu juga menjadi hal yang langka. Termasuk saat melakukan kegiataan di wc umum sekali pun. Di Roma Kuno, wc umum dibuat tanpa penutup atau sekat.

Jadi, di sini, tidak ada ruang pribadi untuk kita saat ingin membuang air.

6.Mengebor Lubang di Kepala

via: liputan6.com

Dari sekian kebiasaan yang dilakukan orang zaman dahulu, yang terakhir ini yang paling ekstrem. Dimana mengebor lubang di kepala untuk menyembuhkan banyak penyakit. Dokter dulu percaya kalau penyakit seperti kejang, sakit kepala, dan infeksi itu disebabkan oleh roh jahat yang terperangkap di dalam kepala manusia.

Jadi mereka mengebor kepala manusia untuk membiarkan roh keluar. Tapi praktik ini akhirnya ditinggalka pada akhir Abad Pertengahan.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu