Akibat Teknologi Semangkin Maju 6 Benda ini Kini Sulit Untuk Ditemukan Lagi


Palingseru.com – Kemajuan teknologi benar-benar berhasil ‘menepis’ sejumlah benda yang eksis pada masa eranya. Hal ini pun berimbas pada keberadaannya yang kian menjadi langka. Inilah 6 benda jaman dulu yang mungkin tidak akan bisa kita temui lagi di masa mendatang akibat kemajuan teknologi komunikasi, seperti dilansir today.line.me, Senin (15/1).

1.Perangko

via: today.line.me

Jauh sebelum ponsel pintar mewabah di kalangan masyarakat, surat-menyurat lah yang paling populer. Perangko pun tak lepas ambil andil dalam hal ini. Bahkan perangko dahulu menjadi barang koleksian. Ya, setiap pengirim surat memang diwajibkan menempelkan perangko di bagian kanan atas amplop.

Tapi kini, kebiasaan mengoleksi perangko sudah tidak lagi dilakukan dengan seiring canggihnya teknologi.

2.Buku Telepon

via: today.line.me

Barang berikutnya yang tidak akan kamu temui lagi ialah buku telepon. Dahulu, buku telepon atau address book menjadi benda yang paling banyak digunakan untuk mencatat nomor telepon. Tapi setelah sudah ada handphone, benda ini sudah tidak lagi digunakan, karena sekarang sudah bisa menyimpan nomor telepon di menu kontak di handphone.

3.Telepon Rumah

via: today.line.me

Dahulu, telepon rumah menjadi alat komunikasi yang paling keren. Karena hanya kalangan atas saja yang bisa memilikinya. Tapi seiring berjalannya waktu, telepon rumah mulai ditinggalkan. Karena selain kurang praktis, juga tidak bisa dibawa kemana-mana seperti halnya ponsel.

4.Telepon Umum

via: today.line.me

Tempat ini mungkin menjadi tempat terfavorit bagi sejumlah orang. Telepon umum di Indonesia sendiri ada yang dioperasikan dengan koin mata uang dan kartu telepon. Sama halnya dengan telepon rumah, telepon umum juga semakin sedikit akibat maraknya pemakaian ponsel.

5.Kartu Telepon

via: today.line.me

Kartu telepon atau calling card adalah kartu yang memiliki saldo tertentu untuk digunakan pada telepon umum yang menggunakan kartu telepon. Kartu telepon ini sendiri dikeluarkan oleh PT. Telkom Indonesia yang bernama Beken Calling Card.

Kini, kartu yang turut berpengaruh dalam hidup orang jaman dulu ini pun sudah ditelan zaman.

6.Faksimili

via: today.line.me

Dari segi bentuk, faksimili mirip dengan telepon rumah. Namun benda ini mempunyai fungsi tambahan, yaitu untuk mengirimkan dokumen. Cara kerjanya adalah dengan memasukkan sebuah lembaran dokumen ke dalam bagian feeder, lalu faksimili akan memindai lembaran tersebut untuk diubah menjadi sinyal listrik.

Sinyal listrik tersebut akan bertransmisi melalui kabel telepon menuju faksimili penerima. Si penerima pun akan menerima hasil pindai dari lembaran yang tercetak di kertas khusus faksimili yang dikenal dengan thermal paper.

More From: Taukah Kamu