Gini Nih 8 Kisah Organ Tubuh Yang dilelang, Mulai dari Otak Hingga Anunya Cowok


Palingseru.com – Perhiasan, barang-barang langka, antik, ataupun barang yang bersejarah merupakan benda yang paling umum ada di pelelangan. Namun tidak halnya dengan proses lelang yang ada di zaman dahulu. Justru organ-organ tubuh manusia lah yang kerap dilelangkan.

Harga yang ditaksir pun sangat tinggi, mencapai ratusan juta rupiah. Sedikitnya ada 8 organ tubuh yang tercatat pernah dilelang. Melansir Brilio.net, berikut diantaranya:

1.Lelang otak

via: brilio.net

Terdengar aneh memang, namun ini benar-benar terjadi. French Auctioneers Association, asosiasi lelang di Perancis yang menawarkan organ tubuh ini. Otak yang ditawarkan merupakan milik penulis terkenal Voltaire, dengan meletakkan harga Rp 357 juta.

Bukan cuma itu, otak diktator Benito Mussolini juga pernah dilelang. Proses lelang ini dilakukan di situs online E-bay. Harga yang disepakati kala itu sebesar Rp 240 juta.

2.Lelang rambut kepang artis

via: brilio.net

Rambut kepang dari penyanyi Amerika Serikat, Willie Nelson juga pernah ada di situ E-bay. Harga yang ditawarkan pun terbilang fantastis, yakni Rp 496 juta.

3.Lelang gigi

via: brilio.net

Ini dilakukan oleh aktor Corey Haim. Dia melelang giginya yang terlepas di situs E-bay. Meski awalnya sempat mendapat larangan, namun akhirnya giginya berhasil terlelang.

4.Lelang jari, jempol dan gigi

via: brilio.net

Hal serupa juga dilakukan ilmuwan Galileo Galilei. Tapi pelalangan ini dilakukan bukan karena kemauannya sendiri, melainkan kolektor seni yang berhasil mendapatkan ketiga organ tubuhnya tersebut.

Jari, jempol, dan gigi Galilei sendiri terpisah dari tubuhnya karena saat dirinya meninggal, pihak gereja mengambilnya dengan alasan tidak boleh dimusnahkan. Entah bagaimana, ketiga organ tubuh milik Galilei menghilang, hingga akhirnya ditemukan kolektor seni tersebut.

5.Lelang kaki

via: brilio.net

Kisah yang berikut ini mungkin tidak masuk dalam proses pelelangan. Pasalnya, saat John Wood melalang mesin barbequenya dan berhasil terjual, ia sengaja memasukkan kakinya yang telah diamputasi akibat sebuah kecelakaan, ke dalam mesin tersebut.

Pemilik baru mesin barbeque tidak sadar di dalam mesin ada kakinya. Begitu mengetahui ada kaki, si pemilik baru mesin barbeque itu pun dengan segera menyerahkan ke pihak polisi untuk kemudian dikembalikan pada John Wood.

6.Lelang tulang

via: brilio.net

Kolektor asal New York sempat membuat heboh di momen lelang besar di Schnecksville, Pennsylvania yang diadakan pada tahun 2012 silam. Ini karena dalam proses pelelangan tersebut, dia menawarkan sepasang tulang pria dan wanita.

Meski demikian, namun siapa menyangka barang koleksinya itu diambil oleh seseorang yang berhasil memenangkan penawaran. Adalah kolektor dari Lancaster, dengan membayar Rp 12 juta untuk tulang pria sementara tulang wanita dibayar Rp 12,7 juta.

7.Lelang tangan

via: brilio.net

Tangan mumi dari Mesir juga pernah turut meramaikan lelang yang diadakan asosiasi lelang I.M. Chait Gallery dari Kalifornia. Dan, tangan mumi tersebut akhirnya didapatkan oleh pemilik galeri di Santa Monica, Amerika Serikat dengan harga Rp 60 juta.

8.Lelang organ vital cowok

via: brilio.net

Adalah milik Napoleon Bonaparte. Organ vital ini bisa terlelang karena ketika meninggal, beberapa organ tubuhnya termasuk organ vitalnya dikeluarkan oleh tim dokter, dan dimumikan. Oleh keluarganya, organ vital tersebut dijual pada penjual buku di London.

Sejak saat itu, organ vital milik Napoleon Bonaparte berpindah-pindah tangan ke satu kolektor ke kolektor lain. Hingga akhirnya organ vital milik Napoleon Bonaparte dimiliki oleh ahli urologi, John Lattimer.

More From: Taukah Kamu