Ini Nih 6 Mainan Tradisonal Yang Mungkin Udah ditinggalkan Generasi Jaman Now, Dulu Kamu Pernah Memainkannya Gak?


   

Palingseru.com – Era modern yang semakin diiringi dengan kecanggihan teknologi membawa perubahan besar pada anak-anak generasi sekarang. Permainan tradisional yang dulunya menjadi permainan andalan anak jaman dulu kini diubah dengan gadget.

Benda yang seharusnya hanya boleh dipakai untuk orang dewasa ini bahkan menjadi ‘item’ yang tak boleh dilepas dari keseharian.

Miris? Sudah pasti.

Nah, untuk mengenang permainan tradisional, berikut ini ada 6 permainan tradisional yang sangat digandrungi anak kecil generasi 90-an, melansir today.line.me.

1.Petak Umpet

via: today.line.me

Permainan sederhana dengan mencari teman yang sedang bersembunyi ini sudah jarang sekali dimainkan anak jaman sekarang. Padahal jaman dulu, permainan ini sangat populer. Semua anak memainkannya, baik di saat sekolah maupun sepulang sekolah.

2.Galasin

via: today.line.me

Galasin tidak hanya menjadi permainan, namun juga olahraga karena cukup menguras tenaga. Di permainan ini dibutuhkan kelincahan dan lari yang cepat untuk bisa lolos. Namun perjuangan itu akan terbayarkan ketika kamu sudah berhasil melewati setiap garis yang dijaga oleh lawan main.

3.Congklak

via: today.line.me

Permainan yang menggunakan media papan congklak dan biji buah atau batu ini juga sangat populer di kalangan anak era 90-an. Tapi sepertinya permainan tradisional ini sudah mulai dilupakan dan ditinggalkan anak kecil jaman sekarang.

4.Lompat Karet

via: today.line.me

Permainan ini terkadang dilakukan secara individu maupun kelompok. Namun yang paling senang ketika mendapat kelompok dengan teman-teman yang tubuhnya tinggi. Karena mereka bisa dengan mudah melompati karet, khususnya di level paling susah, yakni di atas kepala lima jari.

5.Petak Jongkok

via: today.line.me

Dalam permainan ini, para pemain ditugaskan untuk menghindar dari penjaga yang disebut kucing. Sang kucing akan terus mengejar lawannya kecuali saat sedang jongkok. Apabila tersentuh, maka si lawan main bergantian menjadi kucing.

6.Kelereng

via: today.line.me

Keseruan permainan ini tak perlu ditanyakan lagi. Saking serunya, bahkan sampai lupa waktu. Umumnya permainan ini dilakukan anak-anak laki-laki. Setiap daerah atau bahkan kampung, punya aturan sendiri-sendiri. Tapi intinya, setiap kelereng yang kena pukul, artinya kelereng itu kalah.

Nah itulah 6 permainan tradisional yang selalu dimainkan anak-anak kecil jaman dulu, sampai membuat lupa waktu. Sayang banget ya kalau anak jaman sekarang nggak mainin permainan tradisional di atas. Karena mereka tidak akan pernah merasakan keseruannya.

Bagaimana menurutmu?

More From: Taukah Kamu